Download Daftar Harga Disini!

Bahan Jersey: Karakteristik, Jenis dan Tips Perawatannya

by | Apr 18, 2019 | Blog, Kain Jersey

Kain Jersey – Teknologi yang semakin maju dalam berbagai bidang memudahkan berbagai aktivitas manusia. Perkembangan teknologi tersebut juga terjadi dalam industri tekstil. Setiap tahun diproduksi jenis kain baru yang dibuat berdasarkan permintaan pasar. Kain yang diproduksipun tidak hanya terbuat dari bahan alami. Sekarang banyak bahan baku kain yang dibuat dari bahan sintetis.

Diantara jenis-jenis kain tersebut adalah kain jersey. Jenis kain ini dibuat untuk berbagai jenis pakaian. Mulai dari gamis sampai seragam sepak bola. Agar lebih mengenal apa itu bahan jersey, mari kita simak sampai akhir artikel berikut ini.

Apa Itu Kain Jersey?

Kain Jersey merupakan kain yang dibuat dari jenis tekstil rajutan, yang terdiri dari serat katun seluruhnya atau sebagian dicampur dengan serat sintetis. Asal mula penyebutan nama kain ini berasal dari nama Pulau Jersey. Jersey adalah pulau terbesar dari gugusan pulau yang dikenal sebagai Kepulauan Channel, yang terletak antara Inggris dan Perancis.

Alasan mengapa banyak orang yang menyukainya adalah faktor elastisitas. Kain ini dapat meregang hingga 25 persen dari bentuk semula. Selain itu, kain ini cenderung melekat pada tubuh. Kain ini juga digunakan untuk bahan gaun atau dress yaitu memanfaatkan karakteristik kain yang melekat atau pas di badan. Kain jersey juga tersedia bermacam-macam warna dan jenis.Bahan Kain Jersey - Weva Textile

 

Karakteristik Kain Jersey

  • Merupakan kain yang stretch (melar)
  • Kainnya halus dan lebih tebal ketimbang spandex dan rayon
  • Tidak berbulu
  • Daya serap keringat yang tinggi
  • Cocok digunakan untuk berolahraga
  • Banyak pilihan ketebalan mulai dari tipis sampai tebal

Apakah Bahan Jersey Melar atau Tidak?

Seperti yang kita tau, sebagian besar jenis bahan jersey mengandung spandex atau elastane lain. Sehingga bahan kain jersey memiliki tekstur yang lentur dan bisa melar. Karena sifatnya yang lentur dan elastis, kain ini laris di kalangan kaum wanita untuk bahan baju fashion.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Jersey

Berikut adalah kelebihan kain jersey dibandingkan dengan jenis kain lain:

  1. Elastis dan lentur
    Jika dipakai sebagai baju, baju bisa mengikuti bentuk tubuh dengan pas dan tidak membatasi pergerakan. Karena itu bahan jersey sering dibuat untuk pakaian olahraga dan baju fashion wanita.
  2. Kemampuan menyerap air / keringat yang baik
    Kebanyakan material jersey mengandung katun yang membuat kain mudah menyerap keringat. Karena itu bahan jersey ini nyaman digunakan sebagai baju olahraga.
  3. Pilihan warna yang beragam
    Bahan jersey memiliki banyak pilihan warna mulai dari warna cerah sampai gelap. Selain itu warna nya anti pudar.
  4. Tidak mudah kusut
    Pakaian dengan bahan jersey tidak perlu disetrika terlalu sering, karena kain jersey tidak mudah kusut.
  5. Cepat kering
    Kain jersey meskipun cenderung tebal secara mengejutkan tergolong cepat kering. 

Selain memiliki kelebihan, berikut kekurangan kain jersey yang perlu Anda tahu sebelum memutuskan untuk menggunakannnya sebagai bahan dasar pakaian Anda.

  1. Serat yang tipis
    Beberapa jenis jersey memiliki tekstur kain yang relatif tipis. Tipe tipis tentu kurang cocok dipakai saat cuaca dingin.
  2. Cepat rusak jika terlalu sering disetrika
    Pakaian berbahan jersey sebaiknya tidak terlalu sering disetrika. Serat bahan jersey cenderung cepat rusak jika terkena suhu tinggi. Untungnya, jenis kain ini memang tidak mudah kusut.
  3. Mudah mengikuti bentuk tubuh
    Beberapa orang kurang menyukai pakaian berbahan jersey karena mudah membentuk lekukan tubuh. Banyak wanita yang menghindari pakaian muslimah berbahan jersey karena hal ini.
  4. Beberapa jenis jersey memiliki bobot yang berat
    Banyaknya pilihan variasi jersey termasuk jenis yang relatif tebal dan berat. Pakaian yang berat akan mengurangi kenyamanan penggunanya.

Jenis-jenis Kain Jersey

Banyaknya jenis material jersey mungkin membuat Anda bingung menentukan jenis mana yang sesuai untuk kebutuhan. Karena itu mari kita bahas beberapa jenisnya sebagai berikut.

  1. Jersey Drifit

    Drifit terbuat dari campuran serat polyester, nilon, katun, dan elastin. Meskipun terdapat kandungan serat polyester, drifit termasuk adem digunakan. Hal ini disebabkan permukaan luar kain drifit yang memiliki banyak lubang pori. Umumnya bahan jersey drifit digunakan untuk pakaian olahraga seperti seragam tim futsal. 

  2. Spandek Jersey

    Jenis satu ini sering juga disebut spandek jersey korea. Terkadang di pasaran sering disebut sebagai spandek ity. Termasuk salah satu best seller dan dengan mudah ditemukan di pasaran. Sesuai dengan namanya kain ini mengandung campuran serat spandek. Memiliki elastisitas cukup baik sehingga bahan ini tergolong jersey untuk membuat gamis dan rok fashion.

  3. High Twist

    Jenis jersey high twist memiliki banyak pilihan warna cerah dan cenderung sedikit mengkilap. Bahan high twist terbuat dari serat polyester dan terasa gerah jika dipakai. Karena itu juga harga jersey high twist terbilang rendah. Jet Black, Tiger, Maxi Style adalah beberapa contoh merk jersey high twist yang dijual di Indonesia. Permukaan glossy dan jatuh saat dipakai membuat pakaian terkesan elegan. Karena itu kadang orang menyebut jenis ini sebagai kain jersey premium.

  4. Jersey Serena

    Kelebihan utama serena ini adalah handfeel kain yang lembut dan halus. Kualitasnya bagus bahkan hampir mirip seperti kain yang digunakan oleh merk Nike dan Adidas. Tingkat elastisitas serena juga bagus dan kain ini sering digunakan sebagai pakaian olahraga.

  5. Jersey Crepe

    Permukaan kain jersey crepe terlihat seperti tekstur kulit jeruk. Kainnya ringan dan motifnya unik. Banyak yang memilih bahan ini karena memiliki sifat yang lentur dan tidak kaku untuk membuat beragam jenis hijab, gamis dan jenis pakain muslimah lainnya. Selain itu, keunggulan lain dari jenis kain ini adalah sifatnya yang elastis, tapi tetap lembut dan adem saat digunakan. 

  6. Jersey Paragon

    Terbuat dari 100% serat sintetis polyester, kain ini cenderung tebal dan tidak terlalu elastis namun lebih hangat jika dipakai. Memiliki dua tekstur yang berbeda di masing-masing sisinya, yaitu tekstur garis-garis dan tekstur plain di sisi yang lain. Paragon sering dipakai untuk bahan blazer dan celana kulot karena kainnya yang terkesan kaku. Kelebihan dari jenis kain paragon ini salah satunya adalah elastis dan fleksible dari jenis jersey yang lain. Kelebihan itu didapat dari komposisi bahan penyusunnya yang berasal dari serat sintentis polyester.

  7. Jersey Rayon

    Sering juga disebut dengan spandek rayon. Mampu menyerap kelembapan dengan cukup baik membuat kain ini laris dipakai untuk pakaian olahraga. Kelebihan lainnya dari jenis kain ini adalah teksturnya yang lembut dan lentur sehingga sangat nyaman digunakan untuk olahraga. Selain itu, harganya juga relatif murah di pasaran.
  8. Jersey Hyget

    Terbuat dari campuran katun dan polyester dengan handfeel yang agak kesat. Selain itu karakteristiknya lebih tipis dibandingkan dengan jenis bahan kaos lainnya. Jenis jersey ini sering dipakai untuk bahan kaos partai. Namun seiring waktu, jenis bahan ini mulai dimanfaatkan untuk pembuatan gamis, hingga jilbab instan.

  9. Jersey Scarlet

    Bahan jersey yang satu ini seringkali dijadikan bahan dasar pembuatan gamis dan pakaian muslim lainnya. Ciri-ciri khusus dari jenis bahan jersey ini umumnya warnanya yang cenderung gelap atau kurang terang. Namun, kelebihan dari jenis jersey ini adalah kualitasnya yang cukup baik dengan harga yang lebih terjangkau.
  10. Jersey Stella

    Termasuk golongan jersey yang kualitasnya diatas rata-rata dan sangat baik. Bahan jersey yang satu ini cenderung memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan dengan bahan jersey lainnya. Karena komposisi bahan ini sebagian terbuat dari bahan rayon, tekstur kainnya menjadi lebih lembut dan lebih adem saat digunakan. Selain itu karakteristiknya yang tidak licin namun lembut, adem ketika disentuh serta kain yang relatif tebal menjadi kelebihan tersendiri bagi jenis kain jersey yang satu ini.

Tips Merawat dan Mencuci Bahan Jersey

Tidak perlu khawatir karena tidak ada cara khusus untuk perawatan pakaian berbahan jersey. Seperti jenis pakaian lain kain ini bisa dicuci dengan tangan maupun mesin cuci. Namun yang perlu diperhatikan, jangan menggunakan pemutih karena dapat merusak serat baju. Dan setrikalah pakaian jersey dengan suhu sedang. Karena jenis kain ini tidak mudah kusut, cara penyimpanan sebaiknya dilipat dan disimpan dalam lemari.

Harga Kain Jersey

Dalam hal harga tidak bisa disebutkan secara spesifik karena jersey memiliki banyak varian dan merk. Yang pasti jenis kain ini harganya lebih murah dibandingkan jenis kain katun.

Untuk kain jersey drifit yang dijual di Weva Textile, harga berkisar 65.000/kg sampai 90.000/kg tergantung warna dan motifnya. Serta harga kain serena pada kisaran 70.000/kg. Lebih detailnya bisa cek harga bahan jersey disini ya.

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda tertarik untuk mencoba bahan jersey? Jangan lupa komen dan share artikel ini ya!