Download Daftar Harga Disini!

Proses Pembuatan Kain Untuk Tekstil

by | Nov 27, 2021 | Blog

proses pembuatan kain untuk tekstil

Proses Pembuatan Kain Untuk Tekstil

Ulasan kali ini akan membahas mengenai beberapa langkah – langkah yang dilakukan untuk proses pembuatan kain tekstil. Mulai dari yang masih mentah berbentuk serat hingga yang sudah menjadi bahan jadi. Artikel kali ini juga akan membantu anda untuk mengidentifikasi secara umum bahan kimia apa saja yang digunakan dalam proses pembuatan kain tekstil secara umum.

Produksi Serat

Seluruh tekstil kebanyakan dibuat dari serat yang dibentuk dalam rangkaian yang berbeda – beda dalam menghasilkan sebuah bahan yang memiliki kekuatan – ketahanan, penampilan serta tekstur seperti yang diinginkan oleh produsen.  Serat itu sendiri bisa berasal dari berbagai sumber. Mulai dari yang alami hingga sintesis. Penjelasan lebih lengkap mengenai ulasan tersebut bisa anda baca melalui link berikut.

Serat alami – kecuali sutra – aslinya memiliki karakteristik panjang serat yang pendek. Sedangkan untuk serat buatan manusia dan serat sintetis memiliki ukuran dimensi yang panjang bahkan bisa mencapai berkilo – kilometer per seratnya. Serat yang berasal dari tumbuhan memiliki material yang berbentuk selulosa. Hampir semua jenis tanaman yang memiliki selulosa yang bisa di ‘tarik’ akan mampu digunakan untuk menghasilkan serat tekstil.

Serat yang berasal dari hewan seperti wol biasanya terdiri dari protein. Serat yang berasal dari buatan manusia atau sintesis seperti rayon dan lyocell dibuat dari material mentah sejenis selulosa yang berasal dari bubur kayu. Serbuk kayu tersebut kemudian diproses menggunakan bahan – bahan kimia sebelum akhirnya bisa dipintal.

Baca juga:”Penjelasan Gramasi dan Setting Cotton Combed”

Beberapa jenis serat sintetis juga dibuat dari fosil monomer yang kemudian dibuat polimer menjadi jenis – jenis serat yang berbeda. Jenis serat sintetis yang paling banyak digunakan sampai saat ini adalah polyamide, polyacrylic dan aramid. Jumlah larutan kimia yang digunakan dalam proses produksi serat sintetis juga tergantung dari masing – masing jumlah monomer yang ada.

Produksi Benang

Ketika serat telah dipanen atau diproduksi, langkah selanjutnya adalah memintal serat tersebut supaya bisa menjadi benang. Untuk proses yang satu ini, biasanya produsen tidak menggunakan jenis bahan kimia apapun. Namun untuk mendapatkan sebuah benang yang kuat dan mengurangi gesekan antara benang dan mesin pintal ketika proses berlangsung, maka digunakanlah sejenis minyak untuk meminimalisir kemungkinan tersebut.

Produksi Kain Tekstil

Inti dari sebuah proses manufaktur tekstil ada pada produksi kainnya. Kain tersebut bisa dibentuk dalam berbagai cara yang berbeda. Cara yang paling sering digunakan adalah dengan menenun, merajut atau melalui produksi kain yang bukan tenunan. Untuk mencegah benang agar tidak pecah atau putus selama proses berlangsung. Proses produksi akan melibatkan penggunaan bahan kimia dan lubrikan.

Proses Pre – Treatment

Secara keseluruhan proses ini bertujuan untuk menyiapkan kain sebelum melalui proses seperti pewarnaan dan lain sebagainya. Langkah Pre – Treatment juga terdiri dari beberapa bagian. Mulai dari pencucian, menyesuaikan ukuran, menghilangkan lemak – lemak yang tidak dibutuhkan, hingga bleaching dan carbonizing.

Dyeing dan Printing

Langkah kelima atau proses Dyeing dan Printing memang bertujuan untuk memberikan karakteristik atau warna tertentu terhadap tekstil yang nantinya akan dihasilkan. Proses ini diakhiri dengan pencucian kembali setelah dyeing dan printing dilakukan.

Finishing

Dimulai dengan modifikasi seperti dilembutkan, kemudian meningkatkan ketahanan kain dengan penambahan resin serta formaldehyde, perlakuan anti static, anti – pilling, anti bacterial, water repellent, coating, laminating film hingga yang lainnya.

[/vc_column_text][vc_single_image image=”11300″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_column_text]

Kenapa Harus Beli di Weva Textile?

  • Kualitas terjamin dengan konsistensi warna
  • Pelayanan ramah dan fast respon
  • Harga bersaing cocok untuk partner bisnis
  • Bisa kirim ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negri

Baca juga : “Warna Cotton Combed Terfavorit Paling Laris”

[/vc_column_text][vc_single_image image=”11223″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_column_text]

Info Pemesanan Kain :

Berikut Nomor Kontak Weva Textile

✅Cabang 1 :
Jalan Kapasan 55B Surabaya
Admin 1 : +6282261616464
Admin 2 : +6282264004800
Admin 3 : +6281284845400
Admin 4 : +6282115005700
Admin 5 : +628980005000
Admin 6 : +628992600600

✅ Cabang 2 :
Jalan Kapasan 53D Surabaya
Admin 7 : +6281225002100
Admin 8 : +6281266004600

Website :
wevatextile.com
wevadrill.com

Saran & Kritik
WA +6281390007900[/vc_column_text][vc_column_text]

Pemesanan Garment / Konveksi:

Weva Jaya Group juga memiliki divisi garment / konveksi. Bagi Anda yang ingin memesan Jaket, Kaos, Kemeja, Jaket, Celana, Topi, Tas, Safety Boots custom bisa langsung ke Weva Garment Indonesia di
Website : www.wevagarment.com
WhatsApp : 089-8000-5000
Telephone : 0813-9000-7900
Email : [email protected][/vc_column_text][vc_single_image image=”11225″ img_size=”full” alignment=”center”][kapee_button text=”DAFTAR HARGA KAIN” shape=”rounded” button_alignment=”center” button_color=”custom” button_icon=”” button_custom_color=”#81d742″ button_custom_color_hover=”#2370f4″ button_link=”url:https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Fdrive%2Fu%2F0%2Ffolders%2F177QT7QmF8GN7xmuAh69PF9vUz8NmmnwS|target:_blank” css=”.vc_custom_1634963775290{margin-top: 10px !important;margin-bottom: 10px !important;}”][/vc_column][/vc_row]