Download Daftar Harga Disini!

Cotton Combed 30s vs 24s, Pilih yang Mana?

by | Mar 30, 2022 | Blog

cotton combed 24s vs 30s

Mana yang harus dipilih cotton combed 30s atau 24s? Saat Anda mencari kaos distro mungkin seringkali kebingunan mana yang harus Anda pilih diantara keduanya. Jenis ini memang paling banyak digunakan untuk bahan kaos dan salah satunya adalah kaos distro. Yuk simak penjelasan berikut agar kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

Perbedaan Angka Menunjukkan Ketebalan Kain

Angka pada nama menunjukkan jenis kerapatan benang pada saat pemrosesan. Sederhananya, dengan angka ini Anda bisa mengetahui ketebalan kain. Jika angkanya rendah, berarti kain tersebut memiliki ketebalan yang tinggi. Sebaliknya, jika angkanya tinggi, berarti kain tersebut memiliki ketebalan yang rendah (tipis).

Dengan kata lain, angka yang tertulis berbanding terbalik dengan ketebalan kain. Semakin rendah angkanya, semakin tebal kainnya. Semakin besar angkanya, semakin tipis kainnya. Pembahasan penggunaan huruf dalam denominasi Huruf pada nama jenis kain menunjukkan teknik merajut.

Rajutan ini bisa dilihat dari jumlah jarum yang digunakan. Huruf s berarti tunggal (single knit). Artinya, proses merajut dilakukan dengan jarum. Jika Anda pernah menjumpai jenis bahan yang menggunakan huruf d, artinya double knit. Artinya jarum yang digunakan untuk merajut adalah 2 atau double.

Perbedaan Berat Kain

Selain ketebalannya, cotton combed 24s dan 30s juga memiliki perbedaan dalam berat kainnya. Bobot kain ini diukur dengan satuan gram per meter persegi atau yang sering disebut gramasi.

Kain cotton combed 24s memiliki gramasi yang lebih berat dibandingkan dengan 30s karena memiliki ketebalan yang lebih besar. Gramasi cotton combed 24s biasanya berkisar antara 175-185 gsm, sedangkan cotton combed 30s memiliki gramasi sekitar 140-150 gsm. Namun, angka-angka tersebut dapat bervariasi tergantung pada standar gramasi yang diterapkan oleh produsen kain cotton combed. Meskipun demikian, cotton combed 24s selalu akan memiliki bobot yang lebih berat daripada cotton combed 30s.

Baca Juga tentang Gramasi Kain Disini

Cotton combed 30s vs 24s Mana yang Lebih Bagus?

Kelebihan Cotton Combed 30s

Manfaatnya Katun combed 30s sangat populer di Indonesia. Ini adalah salah satu bahan yang memiliki ketebalan yang tepat untuk dipilih sebagai bahan yang digunakan dalam produk yang dijual di distro atau di clothing line. Combed 30s memiliki karakteristik bahan yang tipis, tidak panas saat dipakai, dan nyaman. Sangat cocok untuk kebutuhan remaja dan anak muda yang aktif di luar ruangan. Berat material antara 140 dan 160 gram per meter persegi dengan mesh tunggal atau mesh tunggal. Karena ketebalannya yang dianggap pas, bahan ini memiliki banyak keunggulan. Diantaranya adalah:

1. Bahannya menyerap keringat

Untuk bahan cotton combed 30s tidak terlalu kaku dibandingkan dengan bahan combed 24s. Bahan ini umumnya digunakan oleh clothing line dan distro karena tipis dan tidak panas. Selain itu, Combed 30s juga hadir dengan harga yang tidak terlalu mahal sehingga aman bagi kantong penggunanya.

2. Cocok digunakan di iklim tropis.

Combed 30s sangat cocok digunakan di iklim tropis seperti Indonesia. T-shirt Combed 30s memberikan kesan segar berkat bahannya yang tipis. Jadi Combed 30s sangat ideal untuk digunakan di cuaca hangat, terutama di perkotaan. 3. Hasil jadi kaos lebih banyakKarena bahannya yang lebih tipis sehingga jumlah panjang kain yang didapat dari 1kg katun combed 30s lebih banyak dibandingkan 24s.

Kelebihan Combed 24s

1. Ketebalannya sedangKeunggulan kain katun combed 24s adalah ketebalan dan kenyamanannya yang sedang. Karakter bahan tenun ini tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Karena itulah bahan Combed 24s paling banyak dicari.

2. Dapat digunakan di segala kondisiPerpaduan angka antara 170 dan 210 gram/m2 juga sudah terbukti menghasilkan bahan Combed 24s yang hangat saat dingin dan terasa dingin atau sejuk saat hangat.

Kenapa Memilih Kain Cotton Combed WEVA-TEX?

katalog cotton combed

1. Handfeel

Menyentuh bahan atau kain hanya dengan menyentuh kain katun combed akan terasa bahannya bagus dan berkualitas, lembut dan nyaman, jika sering dipakai akan terasa perbedaannya.

2. Shrinkage

Shrinkage atau menyusut terkadang tidak bisa dilihat dan dirasakan secara langsung, efeknya hanya akan terasa saat baju dicuci,  Hal ini masih bisa diminimalisir seperti rekomendasi pertama dengan membeli sample terlebih dahulu, memakai dan mencuci baju, akan terlihat bahwa baju yang dibeli memiliki daya tahan susut yang baik. Kasus penyusutan cukup berbahaya, karena ketika Anda memiliki standar pengukuran, semuanya akan berubah.

3. Dipakai

Memakainya akan terasa nyaman dan sejuk atau sebaliknya, tergantung dari kualitas bahan kaos yang digunakan, jika bahan katun 100% saat berkeringat maka keringat akan terserap oleh kaos yang Anda kenakan.  Jika Anda merasa sedikit gerah saat mengenakan kemeja, berarti kaos yang Anda kenakan memiliki komposisi polyester yang cukup banyak. Biasanya bahan kaos yang membuat Anda merasa gerah saat memakainya adalah CVC, PE. Inilah yang menjadi alasan mengapa cotton combed wevatextile sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat kaos.

4. Pakailah untuk tidur

Usahakan memakainya saat tidur, jika baju yang kamu pakai tidak berubah atau berbulu (disini serat kain dalam gulungan kecil berbulu), yakinlah bahwa baju yang kamu beli kualitasnya bagus.

5. Reaktif

Reaktif disini saat kaos di sablon discharge, pencabutan warna maksimal, jelas tidak akan 100% putih tapi putih sudah cukup bagus dibandingkan kaos sublim.

6 . Kelenturan

Kelenturan disini bahan kaos cotton combed WEVA-TEX ada sedikit stretch saat ditarik, tapi tidak ektrem seperti bahan kaos stretch / spandex, tekstur kainnya masih 100% katun tapi memiliki kelenturan tersendiri, tidak kaku / mati saat ditarik.

7. Warna tidak pudar

Warna kaos berbahan cotton combed 30s dan 24s dari Weva Textile dihasilkan oleh pewarna pekat dan tidak mudah luntur. Ketahanannya terhadap sinar matahari langsung sangat baik.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai cotton combed 24s vs 30s, sudahkah juragan memutuskan untuk kain apa yang akan diproduksi?