Terlengkap
Warna Kainnya
Harga Termurah
#1 di Surabaya
Number #1
suplier in region
 Whatsapp

Jenis Kain Katun

Jenis-Jenis Kain Katun

Halo, kali ini mimin akan share tentang Jenis Kain Katun. Seperti yang kamu ketahui bahwa kain katun ini adalah jenis kain yang terbuat dari serat kapas dan sering di pakai untuk dijadikan pakaian seperti kaos dan kemeja. Banyak yang bertanya tentang jenis dari kain katun itu apa saja. Mungkin kalau ditanya jenisnya akan sulit untuk menjawab karena saking banyaknya. Tapi meski begitu, kita akan share beberapa jenis dari kain katun yang penggunanya cukup familier di masyarakat. Seperti penggunaannya pada pakaian, celana, kemeja, ataupun tirai.

Yak, mari kita mulai saja inti dari artikel ini. Supaya tidak lupa, bahwa kain katun adalah kain yang terbuat dari serat kapas atau yang disebut juga Cotton. Dimana kapas tersebut diolah dan dipintal menjadi benang. Kemudian benang tersebut nantinya akan digunakan untuk proses pembuatan berbagai jenis kain katun nantinya.

Yang pertama, bisa kita mulai dari jenis yang paling sering ditemui, dan penggunaannya sering kita gunakan sebagai pakaian.

Kain Katun Combed

Mungkin ini adalah salah satu jenis dari kain katun yang cukup familier dan sangat populer. Katun combed ini yang paling sering digunakan untuk membuat kaos.

Bahannya halus, lembut, dan menyerap keringat, dan menjadi favorit para jasa konveksi kaos karena banyak peminatnya. Dan perlu diketahui juga bahwa jenis katun combed itu ada 4 jenis, yang didasarkan pada tingkat ketebalannya, yaitu:

  • Combed 20s
  • Combed 24s
  • Combed 30s
  • Combed 40s

Angka tersebut menunjukan tipe kerapatan benang yang di gunakan pada proses perajutan menadi bahan kain. Semakin kecil angkanya , Semakin Tebal bahan dan rajutannya. Begitu pula sebaliknya, Semakin besar angkanya, semakin tipis bahan dan rajutannya.

Kain Katun Rayon

Kain jenis katun rayon adalah kain yang dibuat dengan menggabungkan serat alami kapas/cotton dengan serat rayon yang merupakan serat buatan semi sintetis.

Karakter kain katun rayon adalah berkilau, bercahaya, lebih cripness, dan lebih lembut dibandingkan kain yang berbahan 100% katun.

Kain Katun Jepang

Kain katun Jepang ini diambil dari ide kain kimono Jepang yang memang tampilannya colorful, penuh warna, atau hadir dengan motif dan corak bunga.

Kain katun Jepang ini sebenarnya tidak berbeda dengan jenis kain katun lainnya. Cuman yang membedakannya adalah, umumnya kain katun jepang hadir dengan tampilan bercorak dan bermotif colorful, cerah, seperti motif bunga, atau motif motif lainnya.

Kain Katun Silk

Katun Silk atau katun sutra adalah kain yang dibuat dari menggabungkan 2 jenis serat alami, yaitu serat kapas (cotton) dan serat sutra (silk) yang berasal dari kepompong ulat sutra.

Katun Silk ini memiliki tekstur yang halus, lembut, licin, cenderung ringan. Saat ini penggunaannya bisa untuk apa saja, seperti gaun, baju muslim, atau mungkin juga dikombinasikan dengan jenis kain lainnya untuk membuat sebuah pakaian.

Kain Katun Carded

Katun Carded ini hampir sama dengan katun combed, tetapi bahannya tidak selembut dan sehalus combed, tapi tetap dapat menyerap keringat karena bahannya sama persis dengan katun combed.

Yang membedakan dengan combed adalah, kalau combed dia diproses dengan combing atau sisir, kemudia dipilih serat-serat yang panjang untuk membuat benangnya. Sedangkan Carded di proses dengan sistem garuk, yang mana serat-serat pendek masih menyatu sehingga benang yang dihasilkan tidak sehalus benang untuk membuat kain combed.

Kain Katun Sateen

Katun Sateen ini secara bahan sama saja dengan kain katun biasa. Cuman yang membedakannya adalah proses penenunan kain katun sateen dilakukan dengan teknik tenun satin. Katun sateen memiliki permukaan yang mengkilap dan berkilau dibandingkan dengan kain katun biasa.

Jadi Satin adalah sebuah teknik tenun untuk mendapatkan permukaan yang berkilau dan mengkilap, dan kain yang diperoleh dengan teknik tenun ini dinamakan kain Sateen. Jadi kain sateen ini bisa saja terbuat dari serat lainnya selain katun, yaitu seperti sutra/silk, rayon.

Kain Katun Flanel

Flanel atau biasa kita menyebut kemeja kotak-kotak yang bahannya sedikit tebal dan kadang sedikit berbulu, namun saat dipegang terasa halus. Ya. ini adalah kain katun flanel yang dibuat dengan teknik tenun plain weave kemudian melewati sebuah proses penyikatan (brushed) disalah satu sisinya menggunakan mesin untuk mendapatkan tekstur yang lembut.

Kain flanel ini juga sudah mengalami proses pencelupan / pewarnaan terlebih dahulu sebelum ditenun menjadi kain flanel.

Ya, itulah beberapa jenis kain katun yang bisa kami rangkum. Sebenarnya masih banyak lagi jenis kain katun, tapi yang kita share itulah kain yang paling sering digunakan untuk pembuatan pakaian.

Baca juga : Mengenal Kain Katun

Pemesanan Kain

Kami WevaTextile! akan membantu Anda sebaik mungkin untuk menyediakan kebutuhan kain yang Anda inginkan. Untuk keterangan lebih lanjut atau untuk meminta katalog kain bisa langsung kontak kami :
WA : 0822-6161-6464.
Telp : 0822-6161-6464.
Alamat : Jalan Lebak Jaya II No.46 Surabaya
Email : wevatextile@gmail.com

Pemesanan Garment / Konveksi:

Weva Jaya Group juga memiliki divisi garment / konveksi. Bagi Anda yang ingin memesan Jaket, Kaos, Kemeja, Jaket, Celana, Topi, Tas, Safety Boots custom bisa langsung ke Weva Garment Indonesia di
Website : www.wevagarment.com
WA : 089-8000-5000
Telp : 0813-9000-7900
Alamat : Jl. Lebak Jaya 2 No. 46 Surabaya
Email : wevagarment@gmail.com

Weva Jaya Textile menjual kain lainnya seperti :

  1. Taslan Milky
  2. Micro NS 
  3. Goretex
  4. Ripstop Parasut
  5. Furing
  6. Quiting Padding
  7. Polar
  8. Diadora Taiwan
  9. Fleece PE & Cotton
  10. Mayer
  11. Despo
  12. Scott Puma
  13. Parasut Milky
  14. Kanvas Marsoto
  15. Ripstop Latex

Note Penting : Jika Anda mengingikan membeli kain lain namun tidak ada di daftar harga kami, maka silahkan kontak kami di 082261616464 dan kain yang Anda pesan bisa kami pre order kan dengan waktu 1-3 hari kerja dengan minimal pesan 1 rol untuk kain tersebut.

Weva Jaya Textile : We are here to satisfy you

About the author