Download Daftar Harga Disini!

7 Keunggulan Bahan Shakila serta Kegunaannya

by | Apr 9, 2023 | Bahan Kain, Blog

ilustrasi bahan shakila

Apakah Anda pernah mendengar istilah ‘Kain Shakila’? Shakila merupakan salah satu jenis kain yang sedang naik daun karena berbagai karakteristik unik dan keunggulannya. Shakila merupakan jenis kain yang dibuat dari perpaduan antara katun dan silk, kain ini merupakan jenis kain yang premium dan banyak digunakan sebagai bahan untuk hijab dan fashion Muslimah lainnya.

Shakila sendiri kerap terbuat dari bahan sutera dan biasanya sering digunakan untuk membuat pakaian tradisional di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara. Sifatnya yang tahan lama, membuat kain satu ini cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Sejarah kain ini sendiri cukup panjang, awalnya kain ini diperkenalkan di beberapa negara Asia Tenggara (Vietnam, Thailand dan Indonesia) pada awal abad ke-19. Di awal-awal kemunculannya pun, kain ini hanya digunakan oleh kalangan masyarakat berada (menengah keatas) dan seringkali digunakan sebagai simbol kemewahan dan kekayaan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan popularitasnya yang meningkat kain ini mulai digunakan secara menyeluruh oleh berbagai kalangan masyarakat.

Karakteristik Kain Shakila

Kain ini menjadi populer bukan tanpa sebab, tapi karena ia memang berkualitas dan unggul. Kain ini memiliki karakteristik yang lembut, halus, jatuh ketika digunakan, tidak mudah kusut, punya tekstur yang kecil dan rapat, tekstur diagonal miring/tuil pada permukaan kainnya. Selain itu, bahan kain shakila ini juga tebal dan tidak menerawang karena itulah kain ini sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat gamis dan hijab. Para penggunanya tidak perlu menggunakan tambahan lapisan lainnya atau furing.

Apakah Bahan Shakila Panas atau Tidak?

Bahan kain ini memiliki sifat menyerap keringat yang cukup baik, sehingga tidak akan merasa gerah walau di cuaca panas atau berada di luar ruangan.

Untuk pilihan warna dan motifnya pun beragam. Mulai dari polosan, motif, dengan warna cerah, warna kalem seperti pastel, warna gelap, dan lain sebagainya. Nah, itulah beberapa karakteristik kain shakila secara umum.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Shakila

Sebagai salah satu produk tekstil, kain ini tentunya punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Nah, untuk Anda yang tertarik menggunakan kain ini sebagai bahan untuk pakaian yuk simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan kain shakila berikut ini:

Kelebihan Kain Shakila

  • Merupakan perpaduan antara kain katun dan silk, bahannya tidak mengkilap, adem, halus, dan ‘jatuh’ ketika digunakan.
  • Memiliki serat kain yang rapat dengan tekstur diagonal miring di permukaan kainnya.
  • Untuk shakila premium yang original, bahannya lentur namun tidak semelar bahan jersey.
  • Bahan ini mampu menyerap keringat dengan baik sehingga para penggunanya tidak akan merasa kegerahan ketika sedang menggunakannya. Terlebih ketika cuaca panas atau ketika berada di luar ruangan (outdoor).
  • Bahannya ringan, namun tidak melayang.
  • Memiliki struktur serat yang nyaman, tidak panas, dan tebal yang membuat pakaian Muslimah Anda tampak lebih elegan dan tertutup.
  • Tidak nyeplak di badan ketika tengah digunakan.

Kekurangan Kain Shakila

Secara keseluruhan, baju yang dibuat dari bahan kain ini sangatlah nyaman digunakan. Terlebih untuk busana muslimah karena memang bahannya yang adem dan jatuh sehingga tampak lebih elegan. Kain ini juga cocok digunakan untuk berbagai jenis pakaian lainnya, sayangnya kain shakila termasuk bahan kain yang tidak tahan panas. Jadi, Anda disarankan untuk menyetrikanya di suhu rendah-sedang saja lantaran suhu tinggi dapat merusak tekstur kainnya.

Penggunaan Kain Shakila

Selain cocok untuk busana muslim seperti gamis dan hijab, kain ini juga cocok digunakan untuk berbagai jenis pakaian. Untuk memudahkan Anda, berikut list jenis pakaian yang bisa digunakan menggunakan bahan kain shakila.

  1. Kemeja Oversized
  2. One Set Piyama
  3. Jilbab Segi Empat
  4. Tunik
  5. Blouse
  6. Kulot
  7. Pashmina
  8. Dress
  9. Kemeja Pria

Mulai dari pakaian kemeja oversized, one set piyama, jilbab segi empat, tunik, blouse, kulot, pashmina, dress, dan lain sebagainya. Selain itu anda bisa kombinasikan dengan aksesoris yang sesuai. Anda juga bisa temukan inspirasi fashion keren dengan pakaian berbahan shakila di artikel berikut ini ya,

Inspirasi Fashion dengan Bahan Kain Shakila

Perawatan Pakaian Berbahan Shakila

Secara umum, perawatannya tidak banyak berbeda dengan cara merawat pakaian dengan bahan kain yang lainnya. Tentu saja pakaian berbahan ini akan lebih awet dan bertahan lama jika mengikuti petunjuk perawatan dengan benar. Selengkapnya bisa simak di artikel berikut ini ya,

Panduan Lengkap Mencuci dan Merawat Pakaian yang Terbuat dari Kain Shakila

3 Hal Penting untuk Brand Owner Sebelum Memilih untuk Menggunakan Bahan Shakila

Untuk Anda para pebisnis di dunia fashion, ada baiknya memperhatikan 3 hal berikut sebelum Anda memilih bahan kain shakila untuk produk Anda.

  • Kenali Ragam Jenis Kualitas Kain

    Tanyakan dan kumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang kualitas kain ini. Jangan sampai kualitas kain yang Anda gunakan untuk produk Anda tidak lebih baik dari kompetitor Anda. Selalu hadirkan kualitas yang baik jika Anda menginginkan pelanggan yang loyal dan memberikan kesan positif untuk brand Anda.

  • Cek Kualitas Warna

    Sebelum Anda memilih kain ini, pastikan kualitas warna sesuai dengan kebutuhan pasar. Dan carilah toko kain atau produsen yang bisa menyediakan warna kain yang konsisten untuk kebutuhan Anda.

  • Lakukan Perbandingan Harga

    Free photo shirt with black friday tag
    Cek ke berbagai macam toko kain yang menyediakan jenis kain ini. Jangan malas untuk melakukan riset, karena bisa jadi Anda akan menemukan kain shakila yang berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk produk Anda. Semakin cuan semakin asyik kan?