Download Daftar Harga Disini!

Panduan Memilih Ukuran Baju dari yang Terkecil

by | Mar 27, 2023 | Blog

Setiap orang pastinya memiliki ukuran tubuh yang berbeda-beda, sekalipun usianya sama. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor lho. Nah, agar sebuah pakaian jadi lebih pas dan nyaman dikenakan otomatis si pemakai harus menyesuaikan ukuran tubuhnya dengan size yang dipilih.

Nah, berikut ini pembahasan lebih lanjut seputar ukuran baju dari yang terkecil serta panduan memiliki size baju yang sesuai!

Ukuran Baju dari yang Terkecil Sampai Terbesar


Gambar 2

Jika Anda perhatikan, setiap baju pasti memiliki label ukurannya sendiri-sendiri di bagian kerah belakang (leher) atau di sisi samping bawahnya. Ukuran tersebut tentunya telah disesuaikan dengan standar-standar tertentu. Nah, berikut ini beberapa ukuran baju dari yang terkecil sampai terbesar berdasarkan standar umum:

1.    Size S (Small)

Sesuai dengan namanya, size baju ini memiliki ukuran Small alias terkecil. Cocok untuk Anda yang memiliki tubuh kurus dan kecil. Patokan ukuran ini adalah memiliki ukuran lingkar dada sekitar 90cm (wanita) dan 102 cm (pria). Sementara itu, lebar dadanya sekitar 38 cm (wanita) dan 47 cm (pria).

2.    Size M (Medium)

Kedua ada ukuran Medium, khusus untuk Anda yang memiliki badan sedang/rata-rata. Ukuran ini cocok digunakan oleh orang-orang yang memiliki badan ramping dan langsing. Patokan ukurannya: lingkar dadanya sekitar 94 cm (wanita) dan 106 cm (pria). Sementara, lebar dadanya 41 cm (wanita) dan 50 cm (pria).

3.    Ukuran L (Large)

Kalau Anda ingin baju yang sedikit oversized, Anda bisa memilih baju ini. Baju ini biasanya dipilih oleh orang-orang yang tidak muat menggunakan Size S dan M, namun XL terlalu besar untuknya. Wanita atau pria dewasa biasanya menggunakan size baju ini.

Patokan ukurannya: lingkar dada 98 cm (wanita) dan 110 cm (pria). Sementara lebar dadanya seitar 44 cm (wanita) dan 53 cm (pria).

4.    Ukuran XL (Extra Large)

Baju ini sangat besar, sebab itu ia jadi pilihan tepat bagi orang-orang yang memiliki badan gemuk dan besar. Untuk patokan ukurannya, lingkar dadanya 102 cm (wanita) dan 114 cm (pria). Sementara itu, untuk ukuran lebar dadanya sekitar 47 cm (wanita) dan 56 cm (pria).

5.    Ukuran Jumbo

Untuk orang yang memiliki tubuh yang lebih besar, tinggi, ataupun gemuk yang tidak bisa menggunakan size XL. Orang tersebut harus menggunakan baju dengan size diatasnya, yakni yang jumbo. Namun, tidak semua produsen dan brandbaju menyediakan size ini.

Contoh size jumbo di atas XL adalah XXL, 3XL, dan 4XL. Selisih (naik) diantara tiap ukuran tersebut biasanya sekitar 5 cm.

6.    All Size

Untuk Anda yang kerap berbelanja di olshop, ukuran “All Size” mungkin akan terdengar familiar? Sederhannya All Sizeadalah ukuran baju standar/rata-rata orang di tiap negara (contoh, Indonesia). Baju All Size ini tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu kecil. Bisa dipakai oleh orang yang memiliki size S, M, dan L karena baju All Size biasanya memiliki ukuran antara M – L.

Panduan Memilih Ukuran Baju dari yang Terkecil


Gambar 3

  • Cari tahu dulu ukuran tubuh Anda, caranya mudah cukup ukur menggunakan metline.
  • Sesuaikan dengan berat badan, mengingat ukuran tubuh sangat dipengaruhi oleh berat badan.
  • Sesuaikan dengan standar ukuran, baik ukuran lokal dan internasional biasanya memiliki standar ukuran yang berbeda (lokal lebih kecil).
  • Cari tahu size chart masing-masing merk/brand baju yang akan dibeli.

Kenali karakteristik, bahan, dan model pakaian yang akan dibeli.