Download Daftar Harga Disini!

Gramasi Kain Kaos Yang Umum Dijual

by | Jan 6, 2022 | Blog

bahan pembuatan kain gramasi cotton combed weva textile surabaya

Seperti halnya saat menimbang beras saat berbelanja di pasar atau saat kita menimbang badan setelah makan 3 porsi mi instan. Tim produksi kain di pabrik menyadari bahwa kita juga bisa mengukur berat suatu kain. Kaos yang kita pakai atau kelambu yang tergantung di rumah tentunya bisa kita timbang atau ukur dalam satuan gram atau ons. Bagaimana penjelasannya dan berapakah gramasi kain kaos? Mari kita simak.

Gramasi Pabrik

Berat gramasi pabrik adalah cara untuk mengukur suatu kain seperti cotton / katun, polyester dan canvas. Ukuran ini berdasarkan ketebalan benang yang menjadi bahan dasar kainnya. Umumnya ketebalan gramasi kain dikategorikan menjadi 3 yaitu :

1. Light weight fabric (Kain Ringan)

Gramasi kain kategori ini adalah 1 gsm sampai 150 gsm. Atau 0.3 oz sampai 5 oz.

2. Medium weight fabric (Kain Ketebalan Medium)

Gramasi kain kategori ini berkisar 150 gsm sampai 350 gsm. Atau 5.29 oz sampai 12 oz.

3. Heavy weight fabric (Kain Tebal)

Gramasi Kain lebih dari 350 gsm atau lebih dari 12.34 oz

Gramasi kain berperan saat kita ingin menghasilkan tampilan tertentu. Contohnya saat kita ingin pakaian yang halus dan memiliki sirkulasi udara yang baik maka bisa memilih kain ringan dengan gramasi rendah. Sebaliknya jika kita ingin membuat pakaian untuk musim dingin maka kita bisa memilih kain dengan nilai gramasi yang besar.

gramasi kain cotton combed weva textile surabaya

Image Source : Weva Textile

Gramasi Kain Kaos

Cotton combed dan carded adalah bahan terpopuler untuk pembuatan kaos. Namun disini tidak kami sarankan menggunakan carded karena teksturnya yang terkesan kaku. Untuk gramasi kain kaos jenis apapun masih tergolong light weigh atau jenis kain yang ringan. Karakteristik kain pada golongan ini yaitu ringan, breathable (sirkulasi udara yang baik), namun ringkih mengingat ketebalan kain yang relative tipis. Jika menginginkan kaos yang lebih awet dan kuat bisa memilih bahan double knit, gramasinya termasuk golongan medium weight.

Di Weva Textile sendiri kami menjual kain cotton combed 24s dan 30s. Gramasi cotton combed 24s Wevatex adalah 180 gsm – 190 gsm. Dan untuk gramasi cotton combed 30s adalah 150 gsm – 160 gsm. Kain cotton combed wevatex setting 42 inch dengan tipe tubular. Kain kaos wevatex diproduksi dengan mesin berteknologi MC 30/42 circular knitting yang menjadikan kualitas kain wevatex konsisten warna dan kualitasnya. Warna yang dihasilkanpun lebih pekat dan merata. Untuk 1kg kain cotton combed bisa untuk membuat 5 sampai 6 kaos dengan ukuran L.

Secara umum, gramasi kain cotton combed berdasarkan ketebalannya bisa dilihat dalam tabel berikut,

Ketebalan Kain Combed Gramasi Kain
20s 190-200 gsm
24s 175-185 gsm
30s 140-150 gsm
32s 130-140 gsm
40s 120-130 gsm
gramasi kain kaos cotton combed weva textile surabaya

Image Source : Weva Textile

Jika juragan ingin membeli kain kaos cotton combed wevatex bisa melalui akun marketplace seperti shopee, tokopedia, atau lazada atau bisa juga hubungi admin kami melalui chat via whatsapp. Atau untuk lebih jelasnya lagi jika juragan ingin mengetahui kualitas kain kami bisa ke toko offline kami di Jl. Kapasan no.55b atau no.53d Surabaya.