Download Daftar Harga Disini!

Perbedaan Bahan Jersey dan Spandek

by | Apr 22, 2019 | Blog, Kain Jersey

Toko Weva Surabaya Jual Kain Jersey Drifit Murah

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Perbedaan Bahan Kain Jersey dan Spandek

Jersey vs Spandek, Apa Saja Perbedaannya?

Haloo, kali ini kami akan mengulas tentang perbedaan bahan kain jersey dan spandek. Bahan kain jersey dan spandek merupakan dua diantara bahan kain yang biasa digunakan oleh para produsen pakaian untuk membuat pakaian olahraga dan busana muslimah. Di artikel sebelumnya telah kami ulas tentang apa itu bahan jersey, mungkin akan kami jabarkan sedikit lagi tentang apa itu bahan kain jersey.

Kembali lagi mengenai perbedaan 2 bahan ini ya. Hal ini karena kedua bahan ini mempunyai karakteristik yang banyak disukai oleh kalangan masyarakat, utamanya masyarakat Indonesia. Dua jenis kain tersebut biasa digunakan untuk membuat seragam olahraga dan juga membuat kaos. Kaos atau pakaian yang dihasilkan dari dua jenis kain tersebut memiliki karakteristik yang hampir mirip sehingga sulit untuk dibedakan, khususnya bagi orang awam. Selain untuk membuat kaos olahraga, kain jersey dan spandek juga digunakan masyarakat Indonesia untuk membuat pakaian Muslim, misalnya jilbab, gamis dan sebagainya. Oleh karena itu, dua jenis kain tersebut memiliki kepopuleran yang tinggi di masyarakat.

Pakaian yang dihasilkan dari kain jersey dan kain spandek umumnya memiliki karakteristik yang hampir sama, yakni halus, ringan, menempel pada tubuh, dan agak mengkilap. Karakteristik tersebut membuat kain jersey dan kain spandek sering digunakan untuk membuat kaos olahraga karena pada saat olahraga tubuh akan bergerak aktif. Dua jenis kain tersebut jika diperhatikan lebih jeli sebenarnya memiliki karakteristik yang berbeda, walaupun tidak terlalu mencolok. Meskipun begitu, sebagian orang masih merasa kesulitan untuk mengenali perbedaan dua jenis kain tersebut sehingga sering salah mengira. Berikut ini dijelaskan karakteristik masing-masing jenis kain dan perbedaan dari keduanya.

Karakteristik Kain Jersey

Toko Weva Surabaya Jual Kain Jersey Drifit Murah

Kain Jersey dibuat dengan rajutan serat katun dan serat sintetis. Permukaan kain bertekstur halus, tidak berbulu, tebal, dan elastis sehingga bisa meregang dan kembali ke bentuk semula. Kain ini bisa digunakan untuk membuat kaos olahraga yang fitbody, seperti kaos olahraga sepakbola, voli, dan badminton, serta bisa digunakan untuk kaos olahraga yang longgar seperti pada olahraga basket. Bobot kain ini ringan sehingga mudah melekat pada tubuh. Selain itu, kain jersey juga bersifat fleksibel, ringan, dan bisa memberikan efek adem sehingga cocok digunakan untuk membuat seragam olahraga karena pada saat olahraga tubuh akan mengalami peningkatan suhu dan mengeluarkan banyak keringat.

Karakteristik Kain Spandek

Toko Weva Surabaya Jual Jersey Drifit Murah

Kain spandek terbuat dari serat sintetis spandek itu sendiri yang harus dicampur dengan serat jenis lain. Dengan kata lain, serat sintetis atau benang spandek tidak bisa berdiri sendiri dan harus dicampur dengan benang jenis lain. Kain spandek dikenal memiliki tingkat elastisitas yang tinggi, bahkan bisa meregang 50% dari bentuk aslinya. Karakteristik dan kualitas kain spandek dipengaruhi oleh jenis serat yang digunakan sebagai bahan campuran. Jenis serat yang bisa digunakan sebagai campuran serat sintetis spandek, diantaranya serat katun, nilon, rayon, dan polyester. Kain spandek yang terbuat dengan campuran katun tentu memiliki sifat adem karena bisa menyerap keringat. Sementara itu, kain spandek yang terbuat dari campuran serat lain memiliki karakteristik berbeda menyesuaikan dengan jenis serat yang digunakan sebagai campuran.

Kain spandek memiliki tekstur yang ringan, elastis, dan bisa menempel di tubuh. Sama seperti kain jersey, kain spandek juga bisa digunakan untuk membuat kaos olahraga, diantaranya baju renang dan senam. Kaos atau seragam olahraga yang dihasilkan dari kain spandek akan menempel atau melekat di tubuh.

Perbedaan Jersey dan Spandek

Setelah dijelaskan karakteristik masing-masing kain, berikut ini akan dijelaskan beberapa faktor yang membedakan kain jersey dan kain spandek.

  1. Kain Jersey memiliki tingkat ketebalan yang lebih tinggi daripada kain spandek. Oleh karena itu, kain spandek lebih ringan dibandingkan jersey.
  2. Tekstur kain jersey bersifat “jatuh” ketika digunakan, sedangkan kain spandek akan lebih mudah menempel atau melekat menyesuaikan bentuk badan karena lebih ringan dan elastis.
  3. Kedua jenis kain sama-sama bersifat elastis, tetapi tingkat elastisitas kain spandek lebih tinggi dibandingkan kain jersey, yakni bisa meregang hampir 5x dari ukuran aslinya.
  4. Harga kain spandek relatif lebih mahal daripada kain jersey

Toko Kain Weva Surabaya Jual Kain Bahan Jersey Drifit Murah

Perbandingan Harga

Sebelum membeli kain, pastilah kita akan mengecek harga agar sesuai dengan budget yang dipersiapkan. Anda bisa datang langsung ke toko kain terdekat ataupun melihat di marketplace. 

Harga kain yang berbeda pada tiap toko dipengaruhi banyak faktor. Misalnya pabrik pemroduksi yang berbeda, dan mungkin juga rasio bahan yang digunakan berbeda. Karena itu harga pada suatu toko tidak bisa dijadikan patokan.

Umumnya harga kain spandek premium kisaran 40.000/meter. Dan kisaran harga kain jersey adalah 30.000/meter. Kain yang memiliki motif memiliki harga lebih mahal.

Harga tersebut didapat dari marketplace shopee. Harga tiap toko berbeda dan bisa berubah sewaktu-waktu tergantung banyak faktor. Dari harga di atas bisa disimpulkan harga kain jersey lebih rendah daripada kain spandek. Namun tidak menutup kemungkinan, beberapa jenis jersey premium seperti drifit akan memiliki harga yang lebih mahal.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_btn title=”DAFTAR HARGA KAIN” style=”3d” color=”green” align=”center” button_block=”true” link=”url:https%3A%2F%2Fwevatextile.com%2Fdaftar-harga-kain%2F|title:Daftar%20Harga%20Kain”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][kapee_products_grid_carousel action_buttons_style=”icon” limit=”10″ show_view_more_button=”” rows=”1″ rs_extra_large=”4″ rs_large=”4″ rs_medium=”3″ rs_small=”2″ rs_extra_small=”2″ categories=”484″][/vc_column][/vc_row]