Download Daftar Harga Disini!

10 Nama Bahan Kain Dan Gambarnya Untuk Inspirasi Fashion

by | Feb 7, 2023 | Blog

Dalam dunia fashion, bahan kain memegang peran penting dalam menentukan kualitas dan tampilan sebuah pakaian. Ada banyak jenis bahan kain yang digunakan, mulai dari katun, flanel, sampai kulit. Berikut adalah daftar nama bahan kain dan gambarnya untuk membantu Anda memilih bahan sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda.

Bahan Kain Untuk Pakaian

Pakaian adalah hal penting bagi setiap orang karena dapat melindungi dari sinar matahari dan menunjukkan gaya seseorang. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan pakaian adalah kain. 

Namun, masing-masing kain memiliki jenis beragam dengan kualitas yang berbeda. Diantaranya seperti:

Kain Linen 

Linen merupakan kain yang terbuat dari serat tanaman flax. Bahan kain ini memiliki berbagai keunggulan sehingga banyak digunakan dalam pembuatan pakaian maupun produk lainnya.

Bahannya yang lembut, ringan, dan nyaman dipakai menjadi kualitas utama yang diunggulkan linen.  Linen memiliki daya tahan yang baik serta tidak mudah rusak. Oleh karena itu, linen sering digunakan untuk produksi pakaian musim panas maupun semi formal dengan model simpel.

Kain Katun

Siapa yang tidak mengenal katun? Bahan kain satu ini paling banyak disebut dan direkomendasikan dalam pembuatan pakaian sehari-hari.

Katun pada dasarnya terbuat dari serat tanaman kapas. Pakaian yang terbuat dari katun memiliki keunggulan diantaranya mudah dalam perawatan, nyaman dipakai, dan memiliki daya serap tinggi. Hal inilah yang membuat pakaian katun tidak mudah menimbulkan bau dan lembab.

Kain Polyester

Polyester merupakan bahan kain sintetis yang populer digunakan dalam pembuatan pakaian dan produk lainnya. Kain polyester memiliki daya tahan yang baik. Kain ini tahan terhadap air, tidak mudah rusak dan luntur sehingga banyak digunakan untuk produksi pakaian olahraga seperti baju renang, baju hiking, dan lain-lain.

Bahan Kain Untuk Dress

Memilih kain dalam membuat dress tentu membutuhkan beberapa pertimbangan, mulai dari warna, tingkat kenyamanan, hingga ketahanannya. Sebab fungsi utama dari penggunaan dress adalah untuk menciptakan kesan elegan khususnya dalam acara formal.

Lantas apa saja jenis kain yang bagus untuk dress? Berikut rekomendasi nama bahan kain dan gambarnya untuk Anda:

Kain Crepe

Crepe merupakan kain yang dihasilkan dari serangkaian proses tenun sehingga memiliki tekstur tiga dimensi yang unik serta bergelombang.

Ciri-ciri dari kain crepe adalah adanya keriput di setiap permukaannya seperti kulit jeruk. Bahan kain yang jatuh, lembut, serta elastis paling banyak digunakan untuk acara-acara seremonial seperti pada penggunaan dress pernikahan. 

Kain Brokat

Brokat atau brukat merupakan kain yang terbuat dari bahan sutra yang disulam/bordir. 

Ciri-ciri dari kain brokat adalah motif dan coraknya yang rumit. Kesan yang ditampilkan pun mewah dan elegan. Oleh karena itu, tak heran banyak jenis brokat beredar di pasaran. Mulai dari brokat lace, brokat tile, sampai brokat prada.

Biasanya bahan brokat banyak dimanfaatkan untuk membuat kebaya, gaun atau dress, dan gamis. Sehingga sangat cocok dipakai untuk acara wisuda, lamaran, hingga resepsi pernikahan.

Kain Satin

Satin adalah jenis kain yang terbuat dari campuran polyester, viscose, nilon, dan serat sutra. 

Ciri-ciri dari jenis kain ini adalah bagian depannya yang terasa sangat halus dan mengkilap. Sedangkan bagian dalam atau belakang tidak licin. Selain itu, bahannya jatuh dan tidak panas selama dipakai.

Bahan kain yang mengkilap ini sangat cocok digunakan pada acara malam seperti dinner. Oleh karena itu, banyak desainer dan brand ternama memanfaatkan kain satin untuk pembuatan dress malam atau gaun bridesmaid.

Kain Tile

Jenis kain yang bagus untuk dress terakhir adalah Tile. 

Tile atau tulle adalah jenis kain yang terbuat dari serat alami dan sintesis termasuk sutra, nilon, rayon, dan katun. Ciri-cirinya seperti jaring kecil karena permukaannya yang berlubang sehingga membuat tampilannya transparan.

Menariknya, tile biasanya dipadukan dengan brokat. Sehingga motif bordir tampak lebih tiga dimensi atau menonjol walau tanpa tambahan payet atau manik. Oleh karena itu, tile biasa dimanfaatkan untuk pembuatan rok tutu, tudung pengantin, hingga dress.  

Bahan Kain Untuk Busana Muslim

Busana muslim terkenal dengan desainnya yang simpel dan elegan. Namun, selain desain bahan kain juga turut memengaruhi kenyamanan dan tampilan dari busana muslim.

Ada beberapa jenis bahan kain yang cocok untuk busana muslim, diantaranya:

 

Kain Wolfis

Wolfis atau woolpeach merupakan salah satu jenis kain yang sedang populer saat ini untuk pembuatan busana muslim. 

Kain ini dikenal dengan kualitasnya yang lembut, ringan, dan tahan lama. Kain wolfis juga memiliki daya serap udara yang baik, sehingga nyaman dan tidak terasa panas selama dipakai. Oleh karena itu, kain wolfis banyak dimanfaatkan untuk membuat busana muslim seperti gamis, jilbab atau kerudung.

Kain Sifon

Sifon merupakan salah satu jenis kain yang terbuat dari campuran sutra, rayon, nilon, dan polyester. Kain ini dikenal dengan tampilannya yang tipis dan transparan yang mana ketika dipegang terlihat seperti jaring halus dan sedikit kasar. 

Walaupun demikian, kain sifon termasuk lentur, kuat, dan adem karena campuran dari bahan polyester. Tidak salah jika kemudian kain ini lebih banyak digunakan dalam pembuatan jilbab atau kerudung.

Kain Rayon

Rayon merupakan jenis kain yang memiliki tekstur licin, mengkilap, dan jatuh saat dikenakan. Rayon juga dikenal sebagai bahan kain yang adem dan mudah sekali menyerap keringat. Oleh karena itu, rayon sering digunakan sebagai bahan produksi busana muslim gamis. 

Pemahaman tentang nama bahan kain dan gambarnya di atas dapat membantu Anda membuat pilihan yang tepat untuk inspirasi fashion Anda berikutnya. 

Pastikan untuk selalu mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan Anda sebelum membeli kain. Semoga artikel ini bermanfaat.