Download Daftar Harga Disini!

Inilah Rekomendasi Bahan Kain untuk Jaket yang Bagus

by | Apr 11, 2022 | Blog

bahan kain jaket yang bagus

Memilih bahan kain untuk jaket yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan sangat penting bagi Anda yang ingin memproduksi jaket sendiri, karena pemilihan bahan yang salah akan mempengaruhi kualitas jaket yang dihasilkan. Dalam hal ini, banyak sekali jenis bahan jaket yang beredar di pasaran dan karakteristiknya juga berbeda-beda.

 

Bahan jaket yang baik adalah kain yang dapat menahan panas tubuh sehingga pemakainya merasa hangat. Selain bersifat hangat, bahan tersebut setidaknya harus memiliki karakteristik tertentu seperti tahan dan tidak mudah sobek, tahan lama, mudah kering, ringan bahkan lebih baik lagi jika tahan air.

 

Kain halus dan lembut umumnya ideal untuk digunakan di musim dingin, karena dapat membantu menghangatkan tubuh. Sedangkan jaket yang memiliki karakter kaku dan tidak tembus angin atau air akan sangat cocok digunakan saat berkendara atau mendaki. Selain multifungsi, jaket juga menjadi salah satu barang kesayangan masyarakat dari berbagai kalangan.

Perkembangan dunia fashion membuat model jaket semakin beragam, mulai dari bentuk, model, hingga jenisnya. Tentunya jaket bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kegunaan untuk aktivitas sehari-hari.

Bagi yang ingin membeli atau membuat jaket sendiri di Weva Garment, ada baiknya mempertimbangkan jenis bahan yang akan digunakan. Memilih bahan yang tepat juga bisa membuat kualitas jaket semakin bagus dan awet. Semakin tinggi kualitas bahan, harga di pasaran menjadi relatif tinggi. Nah, berikut ini beberapa informasi penting mengenai bahan membuat jaket yang perlu diperhatikan untuk berbagai kondisi. Berikut adalah bahan kain untuk jaket yang bagus dan bias Anda beli di Weva Textile :

Taslan

Jaket Windproof - Anti Angin

Jaket Windproof – Anti Angin

bahan jaket Taslan merupakan bahan jaket yang sangat populer karena memiliki sifat waterproof atau anti air. Ada berbagai jenis taslan yang bisa ditemukan di pasaran, seperti taslan milky, bening, dan salur. Bahan ini memiliki karakteristik lembut, ringan, tahan dan lebih tebal dari kain parasut. Kain taslan ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan jaket motor, rompi, varsities, parka dan outdoor. Bahannya yang tahan air dan tidak mudah ditembus angin menjadikan daya tarik bagi konsumen, terutama bagi mereka yang menyukai kegiatan outdoor. Beberapa keunggulan yang ditawarkan kain taslan antara lain:

1.  Kain taslan tahan lama dan mampu bertahan dalam segala kondisi cuaca karena diproduksi menggunakan teknologi canggih. Selain itu, bahannya juga cukup tebal dan memiliki tekstur yang fleksibel.

2.  Kain Taslan akan membuat suhu tubuh Anda lebih hangat saat digunakan di tempat yang dingin.

3.  Kain taslan termasuk jenis kain yang mudah dibersihkan dengan cara dilap dengan kain lembab. Proses pengeringan kain taslan juga tidak memakan banyak waktu.

4.  Kain taslan tidak akan mudah kusut atau kusut, sehingga akan selalu bersih meskipun digunakan berkali-kali.

5.  Anda bisa mengandalkan kain taslan saat musim hujan karena ada beberapa jenis bahan taslan yang memiliki sifat anti air, meski tidak semuanya.

Fleece PE

Fleece adalah jenis bahan yang terbuat dari campuran serat wol dan kapas. Tekstur kain ini dikenal lembut dan memiliki bulu-bulu halus di permukaannya. Sifat bahan ini juga mampu menyerap air atau hidrofobik, halus, lembut dan hangat saat dipakai. Jaket ini sangat cocok digunakan di area yang terkena unsur hara, karena mampu menahan panas tubuh dengan baik.

Ada beberapa jenis kain fleece yang biasa digunakan dalam produksi jaket, seperti katun, PE, dan CVC. Seperti namanya, cotton fleece ini memiliki komposisi kapas yang lebih banyak. Bahan ini juga sangat ringan dan warnanya lebih cerah. Berbeda dengan polyester (PE) yang memiliki tekstur agak kaku dan terlihat mengkilat.

Kanvas

jaket trucker canvas

jaket trucker canvas

Jaket kanvas adalah jaket penghangat tubuh yang biasanya terbuat dari kanvas, sejenis kain dengan serat yang tebal dan tahan lama. Sebagai bahan pembuatan jaket, kanvas sendiri pada umumnya dapat ditemukan dalam berbagai jenis dan varian yang dapat dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan pemakainya.

Selain digunakan untuk melindungi tubuh dari dingin dan suhu, angin kencang dan terik matahari, jaket kanvas sendiri sebenarnya bisa digunakan untuk mempercantik penampilan Anda saat dipadankan dengan fashion item lainnya. Jaket kanvas ini juga memiliki berbagai jenis dan model yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Karakteristik jaket kanvas

Dibandingkan dengan jenis jaket lainnya, jaket kanvas pasti memiliki beberapa fitur yang menjadi ciri khasnya. Beberapa ciri khas jaket kanvas yang mungkin belum tentu Anda temukan pada jaket jenis lain antara lain:

Jaket kanvas umumnya memiliki tekstur yang kuat dan tebal.Jaket kanvas sangat cocok digunakan untuk melindungi tubuh dari angin dan udara dingin karena mampu menjaga suhu tubuh tetap stabil dan hangat.

Jaket berbahan kanvas cukup awet karena tidak mudah sobek dan tidak mudah rusak.Jaket kanvas tidak mudah kusut meski digunakan berulang kali untuk aktivitas berat.Bahkan jaket kanvas pun tidak mudah rusak saat terkena hujan dan angin kencang, sehingga awet untuk penggunaan jangka panjang.Jaket kanvas bisa dipakai untuk berbagai keperluan, baik pria maupun wanita dari berbagai usia.Jaket kanvas mudah dibersihkan dan proses pengeringannya juga cukup cepat.

Keuntungan dari jaket kanvas

Dari beberapa fitur jaket kanvas yang telah disebutkan di atas, ada beberapa poin yang juga menjadi keunggulan tersendiri dari jaket kanvas. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat jaket kanvas, Anda bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Jaket kanvas sangat tahan lama dalam segala kondisi, baik dalam kondisi berangin maupun di udara dingin.Jaket kanvas hampir sama dengan denim dalam hal daya tahan sehingga tidak mudah pecah meski digunakan untuk aktivitas yang banyak bergerak.

Dengan paduan yang tepat, jaket kanvas akan membuat penampilan Anda semakin keren.Ciri-ciri bahannya mudah dibersihkan, tidak cepat kusut dan cepat kering, sehingga memudahkan dalam perawatan jaket kanvas.Kekurangan jaket kanvas

Dibalik semua kelebihan yang ditawarkan, ternyata jaket kanvas juga memiliki kelemahan atau kekurangannya masing-masing. Salah satu kelemahan jaket kanvas adalah jika bahan kanvas yang digunakan untuk membuat jaket berkualitas buruk, warna jaket akan memudar dan tidak terlihat bagus.

Kain kanvas untuk jaket Terkait dengan kain yang digunakan untuk membuatnya, kain kanvas untuk jaket sendiri umumnya terdiri dari berbagai jenis dengan serat dan ketebalan yang berbeda. Bahan kain yang dimaksud antara lain kain kanvas marsoto, kanvas suede, dan baby canvas yang menawarkan banyak manfaat.