Download Daftar Harga Disini!

10 Jenis Kain Parasut yang Tidak Banyak Diketahui Orang

by | Apr 10, 2019 | Blog, Kain Parasut, Kain Waterpoof, Polyester

10 Jenis Parasut yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Siapa yang tidak tahu kain parasut? Hampir semua orang mengerti jenis kain yang satu ini. Kain yang sering digunakan bahan untuk outdoor ini memang cukup familiar di kalangan masyarakat. Kain parasut ini memang dikenal memiliki sifat waterproof atau tahan air. Sehingga bahan jenis ini sangat digemari mereka yang sering melakukan aktivitas pendakian, perkemahan atau aktivitas outdoor lainnya.

Dalam dunia tekstil, ternyata kain parasut ini memiliki beberapa jenis. Ada setidaknya 10 jenis kain parasut waterproof yang bisa Anda temukan di toko kain sekitar Anda. Harga kain parasut ini memang bervariasi bergantung jenis dan kualitasnya. Dan tidak banyak toko kain yang memiliki semua jenis kain parasut ini. 

Apa itu Kain Parasut?

Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui apa itu kain parasut. Kain parasut adalah bahan kain yang tipis dan terbuat dari polyester. Polyester ini merupakan serat kain yang dihasilkan dari produk turunan minyak bumi. Karenanya kain parasut ini cenderung memiliki sifat anti-air atau waterproof dan kurang cocok jika bahan ini digunakan di daerah yang beriklim panas. Sifatnya yang tidak menyerap keringat sangat cocok digunakan untuk bahan pelapis di pakaian untuk daerah yang berhawa dingin. Meskipun demikian, kain ini tidak mudah menimbulkan bau meskipun tidak menyerap keringat seperti kain katun combed.

Jenis Kain Parasut 

  • Taslan Milky

Adalah kain yang terkenal sebagai bahan jaket ojek online. Bahan parasut taslan merupakan bahan kain tenun yang terbuat dari benang sintetis serat nilon bertekstur (nilon yang sudah diberi texture dengan metoda air jet texturing) sehingga didapat kain yang lembut seperti cotton, ringan, anti air, anti angin, kuat dan mempunyai daya tahan yang tinggi. Kain taslan paling sering digunakan untuk membuat jaket & jas hujan, akan tetapi lebih sering dipergunakan untuk jaket dari pada jas hujan karena kain taslan tidak bisa menahan air terlalu banyak. Ciri khas kain ini di sisi belakangnya terdapat coating milky (warna putih susu).

  • Taslan Bening

Meskipun permukaan luarnya terlihat sama seperti taslan milky, bagian coating belakang kain berbeda warnanya. Coating belakang kain berwarna bening alias transparan. Jadi antara bagian depan dan belakang kain taslan bening ini sama. Tetap memiliki karakteristik yang halus dan lembut.

  • Micro NS

Untuk bahan setelan olahraga lightweight, kain micro ns juaranya. Karakteristik kain yang tahan terhadap air, maka dari itu kain ini termasuk di dalam Parasut Waterproof. Permukaan seratnya cenderung tipis karena benang yang dipakai untuk membuat kain ini sangat halus. Selain itu kain micro ns tidak mudah kusut, dan sifat bahannya jatuh sehingga bagus untuk digunakan sebagai jaket atau celana.

  • Parasut Diamond Prisma

Memiliki lapisan bening pada bagian belakang menjadikan kain ini bersifat anti air. Kain ini memiliki permukaan yang mengkilap dengan motif menyerupai Diamond berbentuk Prisma. Kain Parasut Prisma ini cocok digunakan sebagai bahan dasar jaket outdoor, Jaket olahraga, Furing tas dan Koper. Terkadang digunakan juga untuk bahan keperluan outdoor seperti tenda, sleeping bag, backpack, dan sebagainya.

  • Parasut Honeycomb

Karena teksturnya yang unik, parasut honeycomb memiliki banyak peminat. Sebutan Honeycomb sendiri diambil karena memang tekstur kainnya yang berbentuk seperti Sarang Tawon. Kain ini memiliki karakteristik yang sama dengan Parasut Diamond. Tapi kain ini memang lebih lemes dan mudah untuk diatur.

  • Ribstop Kotak

Sesuai namanya Parasut Ribstop ini mempunyai tekstur kotak-kotak dan coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparant. Parasut Ribstop ini biasanya digunakan untuk keperluan kegiatan outdoor seperti tenda, dan hammock.

  • Goretex 3 Layer

Bahan Kain Goretex ini adalah kain yang termasuk kategori bahan parasut premium. Memang bahan Goretex ini sudah sangat terkenal di kalangan pendaki. Lalu yang di maksud dengan 3 Layer itu adalah dalam pembuatan Jaket Goretex ini ada beberapa lapisan di dalamnya, yaitu :

  1. Outer, yaitu lapisan bahan yang terlihat dari luar yang diwarnai agar jaketnya terlihat lebih keren.
  2. Lapisan kedua, yaitu membran waterproof dan breathable yang pada umumnya mempunyai sifat lengket di kulit.
  3. Terakhir yaitu lapisan lining, kadang disebut juga liner, kadang juga backing dan juga orang biasanya menyebut dengan daleman.
  • WP Milky

Salah satu jenis parasut yang mempunyai coating (lapisan anti air) Milky (warna putih susu). Kain ini biasanya digunakan untuk Jaket, payung, cover anti air, dan Jas Hujan.

  • Scott Puma

Scott Puma memiliki karakteristik mirip parasut akan tetapi lebih tebal dengan permukaan yang halus, tidak berisik bila bergesekan dan tidak mudah kusut. Bahan scott puma memiliki anti air. Bahan kain scott puma biasanya digunakan untuk membuat jaket bomber dengan kualitas yang paling bagus atau jaket outdoor.

  • Mayer

Jenis kain Mayer adalah bahan yang memiliki karakteristik relatif tipis dan tidak kaku. Terbuat dari bahan sejenis kain parasut polyester dengan tekstur yang bisa dibedakan dengan bahan jaket lainnya. Bahan Mayer termasuk ke dalam jenis water repellent (Daun Talas), sehingga memiliki kemampuan menolak air yang cukup baik.

Baca Juga: Jaket Gunung Waterproof Surabaya

Harga Kain Parasut 

Untuk Anda pengusaha di bidang konveksi maupun garment, Anda mungkin membutuhkan informasi harga kain parasut waterproof per meter, harga kain parasut per roll maupun harga eceran. Masing-masing bergantung dengan kualitas serta jenis bahan parasut yang Anda ingin gunakan. Anda bisa cek daftar harga kain parasut.