Download Daftar Harga Disini!

Pengertian Target Pasar dan Tips Menentukannya dengan Mudah

by | May 21, 2023 | Bisnis, Blog

Ilustrasi Target Pasar

Sumber Gambar 1

Apakah Anda ingin menjalankan bisnis baru? Kalau iya, sebelum mulai merencanakan hal-hal lainnya seputar bisnis tersebut akan lebih baik jika Anda menentukan target pasarnya terlebih dahulu. Target pasar adalah faktor penting yang akan mempengaruhi proses operasional, strategi, dan arah kebijakan perusahaan kedepannya.

Supaya kita lebih mengenal tentang target pasar ini, mari simak ulasan singkatnya berikut ini!

Pengertian Target Pasar

Seperti yang dikutip dari laman Investopedia, target pasar adalah sekelompok orang yang berpotensi menjadi konsumen potensial sebuah unit bisnis. Target pasar juga dapat diartikan sebagai kelompok konsumen atau pelanggan yang jadi fokus utama perusahaan dalam proses pemasaran dan penjualan produk atau jasa.

Ketika menjalankan bisnis Anda tentu butuh strategi pemasaran yang efektif, bukan? Nah, target pasar ini jadi salah satu elemen penting untuk membuat strategi tersebut.

Target pasar ini akan memudahkan perusahaan dalam menentukan siapa yang akan menjadi fokus dalam upaya pemasaran mereka. Hal ini juga bermanfaat untuk lebih memahami preferensi, kebutuhan, dan keinginan pelanggan.

Tujuan Menentukan Target Pasar

Tujuan utama dari target pasar adalah untuk memaksimalkan penjualan dan keuntungan perusahaan. Dengan menentukan siapa target pasar yang tepat, perusahaan dapat mengarahkan startegi pemasaran mereka dengan lebih espesfik. Utamanya pada konsumen yang memiliki minat dan kebutuhan untuk produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Dalam jangka panjang, penentuan target pasar yang tepat dapat membantu perusahaan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka dan mempertahankan keunggulan kompetitifnya.

Selain itu dengan menentukan target pasar dari setiap lini bisnis yang dijalankan, Anda juga bisa semakin mengoptimalkan strategi bisnis yang akan dijalankan.

Menentukan target pasar juga akan semakin mempermudah proses distribusi produk sesuai dengan target pasarnya. Contoh, Anda memiliki bisnis pendingin udara yang target pasar utamanya adalah masyarakat di perkotaan dimana hawa disana lebih panas. Dengan mengetahui target pasar utama bisnis yang Anda kelola, Anda bisa mendistribusikan produk dengan lebih tepat sasaran yakni fokus ke masyarakat kota.

Anda juga tak perlu buang-buang banyak waktu dan biaya ke kalangan konsumen yang tidak butuh pendingin udara, contoh ke masyarakat yang hidup di area pegunungan yang mana hawanya sudah sangat sejuk. Masyarakat di kawasan pegunungan tersebut tidak butuh pendingin udara melainkan butuh penghangat udara.

Dengan target pasar Anda juga bisa membuat kampanye yang lebih spesifik dan personalized. Bagaimana? Sudah siap menentukan target pasar dari bisnis yang Anda kelola?

Cara Menentukan Target Pasar Berdasarkan Segmentasinya

Cara Menentukan Target Pasar Berdasarkan Segmentasinya, Target Pasar Adalah

Sumber Gambar 2

Target pasar adalah kelompok konsumen potensial yang akan jadi fokus utama perusahaan dalam memasarkan produk-produknya. Biasanya tahapan penentuan target ini dimulai dengan melakukan segmentasi pasar. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menentukan target pasar suatu bisnis berdasarkan segmentasinya!

#1. Melakukan Analisis Demografi (Demographic Segmentation)

Analisis ini dilakukan dengan melihat faktor demografi seperti usia, jenis kelamin, status perkawinan, pendidikan, hingga penghasilan untuk memahami profil konsumen yang potensial. Mustahil untuk menentukan target pasar tanpa melibatkan analisis dari segmen demografi ini.

#2. Melakukan Analisis Psikografis (Psychographic Segmentation)

Dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik kepribadian, nilai, gaya hidup, hobi, kepercayaan, dan minat konsumen. Analisis ini lebih spesifik dan berhubungan dengan cara masyarakat menilai sesuatu. Jika bisnis Anda menjual produk/jasa yang dibuat untuk memenuhi hobi atau menargetkan kelompok komunitas tertentu, maka Anda harus melakukan analisis dari segi segmentasi ini.

#3. Melakukan Analisis Geografis

Dilakukan dengan mengenali wilayah geografi konsumen dan memahami bagaimana faktor-faktor seperti lokasi geografis, iklim, dan budaya dapat mempengaruhi kebutuhan konsumen. Contohnya seperti kasus bisnis pendingin udara yang sudah kita bahas sebelumnya, jadi sebelum mulai memasarkan produk kenali dulu karakteristik geografisnya.

#4. Melakukan Analisis Perilaku (Behavioral Segmentation)

Memahami perilaku konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan, seperti kebiasaan pembelian (spending habit), frekuensi pembelian, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Segmentasi satu ini termasuk segmentasi yang general atau jadi segmentasi yang umum mengingat kebiasaan seseorang memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan pembeliannya.

Penerapan Target Pasar

Setelah menentukan target pasar yang tepat, perusahaan dapat mengimplementasikan strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen. Beberapa contoh strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan adalah melakukan promosi, menentukan harga yang tepat, mempertimbangkan product placement, dan menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen potensialnya.

Selain itu ada banyak sekali langkah dan kebijakan penting yang bisa Anda buat berdasarkan target pasar yang sudah ditentukan sebelumnya. Target pasar adalah hal yang sangat penting karena membantu perusahaan lebih mengenali konsumen potensialnya dan membuat strategi yang tepat sesuai dengan fokus utamanya.

Sekian pembahasan kali ini seputar target pasar, semoga bermanfaat ya!