Download Daftar Harga Disini!

Apa Itu Kain Wolfis? Ketahui Jenis dan Karakternya

by | Apr 14, 2023 | Bahan Kain, Blog

ilustrasi kain wolfis

Wolfis atau woolpeach adalah salah satu bahan kain yang kerap digunakan untuk membuat beberapa jenis pakaian khusus karena karakteristiknya yang unik dan berbeda dari jenis pakaian lainnya. Lalu, apa saja jenis dan karakteristik yang dimiliki oleh kain wolfis? Ini dia pembahasan lebih lanjutnya!

Pengertian Bahan Wolfis

Wolfis merupakan salah satu bahan pakaian yang kerap digunakan untuk membuat busana Muslimah. Bahan ini terbuat dari campuran serat sutra, katun, dan juga serat sintetis. Namun, ada juga yang terbuat dari 100% polyester. Nama aslinya sendiri adalah “Woolpeach”, namun masyarakat Indonesia memanggil kain ini dengan pelafalan khasnya yakni “Wolfis” yang lebih mudah dieja dan diucapkan.

Kain ini memiliki karakteristik yang tipis dan ringan, meskipun begitu ia tidak menerawang. Karakteristik inilah yang membuat bahan kain satu ini banyak digunakan untuk membuat pakaian Muslimah. Wolfis adalah bahan kain premium berkualitas yang harganya cukup terjangkau. Kain ini kerap digunakan sebagai bahan utama untuk membuat gamis, rok, celana panjang, jubah, khimar, dan pakaian Muslimah lainnya. Bahannya yang “jatuh” membuat kain satu ini tampak lebih elegan dan nyaman ketika digunakan.

Karakteristik Kain Wolfis

Berikut ini ada beberapa karakteristik khusus yang dimiliki oleh kain wolfis:

  • Mempunyai serat yang halus dan rapat.
  • Kainnya cenderung ringan dan tipis tapi tidak menerawang, adem ketika digunakan.
  • Tidak mudah kusut sehingga bisa digunakan kembali tanpa perlu disetrika.
  • Tidak panas ketika digunakan, cocok untuk pakaian Muslimah yang memang besar dan panjang karena tidak membuat pemakainya kegerahan.
  • Tidak licin dan cenderung mudah disetrika.
  • Memiliki model yang flowy (jatuh) ketika digunakan.
  • Mudah kering, breathable, bisa menyerap keringat dengan baik. Ia juga bisa kembali ke bentuk semula dengan cepat.
  • Tidak tahan panas, jadi sebaiknya Anda menyetrikanya di suhu rendah-sedang saja.
  • Serat kainnya rapat dan halus.

Jenis Bahan Wolfis

Berdasarkan gradenya, bahan wolfis dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yakni:

●     Wolfis Premium

Merupakan jenis kain wolfis yang kualitasnya paling bagus. Seratnya kokoh, rapi, rapat, permukaan kainnya juga akan terasa lembut dan halus ketiak diraba. Bahannya juga ringan, tapi tidak licin dan menerawang. Sayangnya, jenis wolfis ini cukup tips dan tidak menyerap keringat. Harga per meternya berkisar antara 30-an ribu rupiah.

●     Wolfis Grade A

Diantara jenis bahan lainnya, grade A ini memiliki kualitas yang cukup memuaskan. Tekstur kainnya halus sifatnya juga lebih flowy. Namun, sebanding dengan kualitasnya harga bahan kain satu ini cukup mahal.

●     Wolfis Grade B

Grade B ini punya kualitas dibawah wolfis grade A, tekstur kainnya tidak terlalu halus dan bahannya juga kurang flowy. Harganya juga lebih murah dibandingkan wolfis grade A.

●     Wolfis Grade C

Wolfis ini punya tekstur yang lebih kasar dibandingkan grade A dan B, kualitasnya juga dibawahnya. Dari segi harga, harga wolfis ini lebih murah dibandingkan grade A dan B.

●     Wolfis Standar

Merupakan jenis wolfis yang paling banyak dijual di pasaran, sayangnya bahannya kurang rapi, kurang kokoh, dan juga terasa licin ketika disentuh. Kainnya juga tipis dan menerawang serta tidak mampu menyerap keringat dengan baik. Harganya paling murah, hanya sekitar 20an ribu saja per meternya.

 

Sekian pembahasan mengenai bahan kain wolfis, semoga bermanfaat ya!