Download Daftar Harga Disini!

Bahan Kaos Yang Bagus Paling Banyak Dijual Brand Premium

by | Feb 7, 2023 | Blog

Pastinya Anda pernah bertanya-tanya bahan kaos yang bagus itu seperti apa?

Pasalnya, di era digital ini masyarakat semakin mudah mencari informasi. Baik seputar brand hingga jenis kaos terbaik untuk mereka pakai. Oleh sebab itu, pemilihan bahan wajib dipertimbangkan.

Jika Anda ingin membuka usaha apparel, daftar rekomendasi ini sayang untuk Anda lewatkan. Berikut beberapa jenisnya.

10 Bahan Kaos Yang Bagus Untuk Usaha Apparel

Kebanyakan bahan kaos yang sering kita jumpai di pasaran adalah bahan jenis katun. Bahan satu ini diklaim memiliki kualitas terbaik. Tidak salah memang, tapi ada beberapa jenis bahan lain dengan kualitas serupa dan paling sering dijual brand premium.

Supima Cotton

Supima cotton merupakan salah satu bahan kaos yang bagus dari benang katun superior. Benangnya berasal dari tanaman yang tumbuh di Amerika bernama Kapas Pima. 

Kapas Pima termasuk langka karena hanya sekitar 1% yang ditanam di dunia. Oleh sebab itu, harganya jadi sedikit lebih mahal.

Supima cotton paling banyak dijumpai pada brand Uniqlo. Brand pakaian terkenal asal Jepang ini memilih Supima sebagai bahan baku utama. Bukan tanpa alasan. Bahan kaos yang bagus ini menawarkan beberapa keunggulan. Seperti:

  • Kaos dengan bahan supima cotton terasa lebih ringan dan breathable. Kaos tetap nyaman digunakan walau saat cuaca panas.
  • Supima cotton merupakan bahan kaos yang ramah lingkungan dengan serat yang panjang. Kaos jadi dua kali lebih kuat dari bahan biasa. Lebih tahan sobek & tidak mudah luntur karena mampu menyerap warna dengan baik.
  • Selain breathable dan tahan lama, Supima cotton juga jauh lebih lembut dibanding katun biasa.

 

Cotton Bamboo

Beralih ke produk dalam negeri. Brand Brodo yang terkenal dengan produksi sepatu, kini melengkapi koleksi apparelnya pada produksi kaos.

Tidak tanggung-tanggung, bahan utama yang digunakan adalah cotton bamboo. Komposisi campurannya adalah 30% serat katun dan 70% serat bambu. Dari segi kenyamanan, bahan ini memiliki tekstur lembut dan halus.

Bahan kaos yang bagus ini diklaim memiliki fungsi sebagai penghalau kuman dan bakteri pada pakaian. Daya serap keringatnya juga terhitung cepat. Selain itu, daya serap pada sinar ultraviolet jauh lebih kecil sehingga membuat kaos tetap adem dan sejuk.

Viscose Rayon

Viscose merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan untuk produksi pakaian. Tidak hanya kaos, bahan satu ini juga digunakan untuk produksi pakaian wanita seperti blouse, rok, hingga dress.

Viscose terbuat dari serat kayu seperti pohon pinus, hemlock, dan cemara. Ciri khasnya terletak pada bahan yang jatuh, lembut, dengan daya serap keringat yang cukup baik. 

Durability-nya yang baik membuat beberapa brand ternama luar dan dalam negeri menggunakannya sebagai bahan baku utama. Sebut saja H&M, Purana, Interim Clothing, Eureka dan KC sleepwear.

Linen

Jenis bahan lainnya adalah linen. Linen terbuat dari serat batang tanaman rami. Ciri khas dari bahan linen adalah seratnya yang terlihat jelas namun tiga kali lebih kuat dari bahan kapas.

Selain itu, linen lebih cepat menyerap dan cepat kering. Berkat sifat-sifatnya ini, linen sangat nyaman dipakai dalam cuaca panas.

Tencel Modal Cotton

Siapa yang tidak mengenal Calvin Klein? 

Brand underwear ternama asal Amerika ini ternyata juga memiliki produk apparel yang paling banyak diminati. Diantaranya seperti tees atau kaos, sweater, hingga polo.

Salah satu bahan yang digunakan adalah Tencel modal cotton. Tencel modal adalah bahan ramah lingkungan yang seratnya merupakan campuran dari kapas dan pulp kayu. 

Kaos yang menggunakan bahan ini jauh lebih dingin daripada bahan viscose atau linen, lebih mudah menyerap keringat, serta cocok untuk Anda yang mempunyai kulit sensitif.

Cotton Combed

Bahan kaos yang bagus dan paling banyak dijual pada usaha apparel adalah cotton combed. Mulai dari Zara hingga Cotton On. Kenapa banyak dijual? Karena jenis kainnya yang mudah temukan.

Selain itu, jenis bahan ini terbuat dari 100% kapas dengan proses penyisiran. Sehingga hasil yang didapat adalah kain dengan tekstur lembut dan kuat.

Gramasinya pun beragam. Ada beberapa tipe seperti, 20s, 24s, 30s, dan 40s. Semakin besar angkanya maka semakin tipis bahannya dan semakin mahal harga jualnya.


Polyester

Jenis bahan kaos selanjutnya yakni polyester. Bahan ini sejatinya sejenis plastik karena seratnya terbuat dari campuran senyawa kimia dan PET. Namun kaos dengan bahan polyester justru tidak mudah kusut. 

Sifatnya yang lain adalah mampu menahan panas dari tubuh dan mudah dikeringkan. Tak jarang bahan ini menjadi bahan dasar kaos olahraga dan pakaian khusus musim dingin atau pakaian gunung.

Brand lokal yang paling banyak menggunakan bahan polyester pada produk kaosnya antara lain Eiger Adventure, Arei Outdoor Gear, dan Merapi Mountain.

CVC

kain cvc

sumber: bandungkaospolos.com

Bahan kaos lainnya adalah Chief Value Cotton atau lebih dikenal dengan kain CVC. CVC terbuat dari campuran serat kapas dan polyester. Walaupun campuran polyester, kain jenis ini dapat Anda jadikan alternatif cotton combed karena harganya yang relatif murah. 

Kandungan serat kapasnya juga lebih banyak sehingga mudah menyerap keringat. Selain itu, bahannya juga sejuk dan lembut saat dipakai.

Teteron Cotton

kain teteron cotton

sumber: masterofcovers.com

Teteron cotton atau yang lebih dikenal dengan TC merupakan kain yang yang terbuat dari campuran serat polyester dan kapas.

Persentase serat polyesternya yang lebih banyak ini justru membuat kaos dengan bahan dasar TC tidak mudah melar dan menyusut walau dicuci berkali-kali.

Kain TC juga memiliki harga yang relatif murah dibanding kain CVC maupun cotton combed. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan kaos partai maupun kaos event.

Spandex

Bahan kaos yang bagus terakhir adalah spandex. Jenis bahan ini paling banyak ditemukan pada produk olahraga seperti kaos dan celana. Mulai dari brand terkenal seperti Nike hingga lokal juga turut menggunakan bahan ringan ini. 

Spandex terbuat dari 85% serat poliuretan. Bahan ini memiliki sifat halus, lentur, dan dapat mengikuti bentuk tubuh sehingga nyaman digunakan saat berolahraga.

Tips Memilih Bahan Kaos Yang Bagus

Ada beberapa faktor yang wajib Anda ketahui sebelum produksi kaos. Tips berikut dapat Anda ikuti untuk mendapatkan bahan kaos yang bagus. Berikut diantaranya,

  • Tidak Terdapat Bulu Halus

Terkadang kaos yang berbahan dasar katun terdapat bulu halus di sekitar permukaan. Walaupun demikian, bahan dengan proses produksi yang baik tentunya semaksimal mungkin memberikan hasil dengan permukaan kain yang tidak berbulu.

  • Minimalisir Tekstur Tidak Rata

Kain dengan tekstur yang tidak rata tentu akan berdampak pada kualitas kaos yang dihasilkan. Pastikan kain yang dipilih memiliki tekstur rata dan tidak ada gumpalan benang.

  • Handfeel Kain

Memilih bahan kaos memang tricky. Anda bisa melakukan pengamatan dengan meraba permukaan kain untuk memperkirakan jenis fabric maupun finishing sesuai yang Anda inginkan.

  • Brand Value

Pemilihan bahan kaos juga perlu disesuaikan dengan brand value yang Anda miliki. Pertimbangkan kenyamanan pengguna serta fungsi bahan yang akan Anda gunakan.

Itulah daftar rekomendasi bahan kaos yang bagus paling banyak dijual brand premium yang bisa Anda gunakan untuk usaha apparel. Semoga bermanfaat!