Download Daftar Harga Disini!

Mengenal Bahan Polyester, Karakteristik, Jenis hingga Penggunaannya

by | Dec 7, 2021 | Blog

detail serat kain fleece

Diantara banyaknya jenis kain yang pernah juragan temui, salah satunya pasti ada yang terbuat dari bahan polyester. Apa itu bahan polyester? Ulasan kali ini akan membahas lebih jauh mengenai jenis kain ini serta penerapannya di industri tekstil. Juragan semua pasti sudah tahu kalau polyester merupakan salah satu jenis bahan dasar pembuatan kain. Yang mana kandungan polyester di dalam serat kain akan mempengaruhi karakteristik atau kualitas dari jenis kain itu sendiri.

Kebanyakan orang masih menganggap kalau jenis kain yang berasal dari bahan alami memiliki karakteristik yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kain yang berasal dari serat sintetis. Namun, benarkah demikian? Jenis serat yang satu ini pastinya memiliki kelebihan dan keuntungan makanya digunakan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan berbagai jenis kain yang mengisi lemari – lemari juragan.

Mengenal Bahan Polyester

Perlu sobat juragan ketahui bahan polyester ini adalah salah satu jenis kain yang penerapannya sangat beragam. Tidak hanya di dunia fashion atau mode busana saja, melainkan juga digunakan di dunia desain interior bahkan pada dunia engineering. Namun pembahasan kali ini akan kita batas pada penggunaan bahan polyester di seputar dunia tekstil saja. Yuk mari kita bahas.

Bahan polyester adalah bahan kain yang terbuat dari material sintetis buatan. Material ini didapatkan dengan memproduksi serat atau benang polyester dari proses penggabungan senyawa kimia Etilen Glikol dan Asam Tereftalat bersama dengan Polyethylen Terephtahlate atau bisa disebut PET. Senyawa kimia ini diperoleh dari pengolahan tahap lanjut minyak bumi atau petroleum. Yup benar, senyawa kimia tersebut sering kita dengar sebagai bahan plastik. Dan memang bahan polyester ini terbuat dari material sejenis plastik.

Dalam penerapannya, material dalam bentuk serat inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan kaos atau pakaian. Dalam bentuk lain seperti kristal, material polyester ini sangat beragam peruntukkannya sebagaimana yang kita jelaskan diatas.

Ciri dan Karakteristik Bahan Polyester

Lalu, apa saja ciri-ciri atau karakteristik bahan polyester dalam bentuk serat atau kain ini? Berikut adalah ciri-ciri bahan tersebut.

  • Tahan Lama

Karena terbuat dari serat sintetis, bahan kain ini cenderung lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan kain yang terbuat dari serat alami. Karenanya, jenis kain ini lebih mudah disimpan dan tidak mudah rusak dalam jangka waktu yang lama.

  • Tidak Mudah Kusut/ Berkerut

Meskipun seringkali digunakan, jenis kain ini tidak mudah kusut atau berkerut saat dijadikan pakaian sehari-hari. Ini menjadi salah satu alasan mengapa bahan ini juga seringkali dijadikan pakaian/ outfit untuk beraktivitas diluar.

  • Tidak Mudah Menyerap Air

Seperti yang kita tahu, pada dasarnya bahan ini memiliki sifat bahan dari material plastik. Karenanya kain ini memiliki sifat hidrofobik dan tidak mudah menyerap air seperti halnya kain katun atau cotton combed. Namun, ini juga menjadi keunggulan tersendiri karena sifat ini membuat bahan kain ini lebih mudah kering ketika dijemur.

  • Dapat Menyimpan Panas Tubuh

Salah satu sifat lain dari bahan polyester adalah kemampuan menyimpan panas tubuh yang cukup baik. Sehingga jenis kain ini seringkali digunakan sebagai pakaian untuk cuaca dingin selain kain wol.

 

Berikut adalah salah satu contoh karakteristik dari jenis kain Fleece PE yang terbuat dari 100% bahan polyester.

karakteristik bahan fleece

contoh karakteristik bahan polyester, berikut adalah bahan fleece pe yang terbuat dari 100% bahan polyester

Kelebihan Bahan Polyester

Setiap bahan kain memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Meskipun bahan ini terbuat dari senyawa kimia buatan manusia, bahan ini memiliki keunggulan yang jarang dimiliki oleh bahan kain lainnya. Yuk simak lebih jelas penjelasannya.

  • Awet dan Tahan Lama

Ini adalah salah satu kelebihan dari bahan polyester karena terbuat dari senyawa kimia sejenis plastik. Karenanya bahan ini memiliki serat yang kuat, awet dan tahan lama. Bahkan bahan kain ini akan bisa bertahan dalam waktu yang bertahun-tahun lamanya.

  • Cepat Kering

Karena sifatnya yang tidak mudah menyerap keringat maupun air, jenis pakaian dengan bahan dasar polyester akan lebih mudah kering ketika dijemur dibandingkan bahan kain lainnya.

  •  Tidak Mudah Kusut

Ini adalah salah satu jenis kelebihan bahan polyester yang banyak diminati. Selain praktis, sifat tidak mudah kusut ini membuat bahan ini sering dijadikan pakaian outdoor atau olahraga.

  • Ringan saat digunakan

Sifatnya yang ringan, membuat bahan ini sering dijadikan untuk bahan kaos olahraga hingga bawahannya seperti celana. Karena akan membuat aktivitas olahraga menjadi lebih leluasa dan menyenangkan.

  • Perawatan yang Mudah

Dapat dicuci dan dikeringan dengan mesin cuci juga menjadi keunggulan tersendiri untuk bahan kaos ini. Sehingga pengguna tidak perlu repot merawatnya dengan mencuci dengan tangan karena cukup dicuci dan dikeringkan sekaligus di dalam mesin cuci.

  • Tidak mudah Menyusut

Bahan dasarnya yang berasal dari senyawa kimia plastik, membuat kain ini tidak mudah menyusut. Berbeda dengan bahan kain yang terbuat dari katun dan sejenisnya yang relatif lebih mudah menyusut.

  • Harga yang Terjangkau

Bahan kain ini termasuk ke dalam jenis kain yang relatif terjangkau harganya. Selain itu, harganya juga lebih stabil karena tidak bergantung dengan kondisi alam.

  • Warnanya tidak mudah pudar

Keunggulannya lainnya adalah warnanya yang tidak mudah pudar karena terbuat dari serat sintetis. Sehingga warna kain ini cenderung lebih tahan lama dibandingkan dengan bahan kain alami.

Kekurangan Bahan Polyester

Meskipun memiliki kelebihan yang cukup banyak, bahan kain ini juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja itu? Mari kita bahas juga kekurangan dari bahan polyester berikut ini.

  • Mudah terbakar

Karena bahan ini cukup sensitif terhadap suhu, sebaiknya pakaian ini dijauhkan dari peratalan yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Hal ini dapat membuat kebakaran lebih mudah menjalar karena sifatnya yang mudah terbakar.

  • Teksturnya kurang lembut

Tekstur pakaian berbahan dasar polyester cenderung memiliki tekstur yang kurang lembut. Untuk kulit yang cukup sensitif akan merasa kurang nyaman menggunakan pakaian dengan bahan dasar polyester.

  • Sirkulasi udara yang kurang baik

Serat kain yang kuat dan rekat pada bahan ini membuat sirkulasi udara menjadi kurang baik. Meskipun baik dari segi kuat dan tahan lamanya, hal ini menghalangi udara untuk bertukar dan membuat sirkulasi udara menjadi kurang baik.

  • Dapat menimbulkan Iritasi

Untuk kulit yang cukup sensitif, bahan polyester ini ternyata dapat menimbulkan iritasi seperti gatal-gatal. Hal ini dapat disebabkan oleh kulit yang tidak bisa beradaptasi dengan senyawa kimia penyusun bahan kain ini.

Kenapa Memilih Kain Dengan Kandungan Bahan Polyester?

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, mengapa bahan polyester ini masih sangat populer? Salah satu alasannya adalah sifatnya yang heat-sensitive atau thermoplastic Ini akan membuat bahan polyester bisa diproses menggunakan laser. Sehingga hasil potongan bisa menjadi lebih presisi. Lalu apa keuntungannya jika potongan nya menjadi lebih presisi? Yang pertama adalah bisa menghemat bahan baku pembuatan. Yang kedua bisa menghasilkan produk yang lebih rapi dan disukai oleh pelanggan. Kedua kelebihan inilah yang bisa menjadi pilihan mengapa bahan ini sangat populer di industri fashion. Selain bisa menekan biaya produksi, juga mampu meningkatkan kepuasan pelanggan.

Bahan Polyester Adalah

Fleece PE yang terbuat dari 100% polyester di Weva Textile.

Contoh Penggunaan Bahan Polyester

Juragan juga pasti ingin tau jenis-jenis pakaian apa yang umumnya menggunakan bahan polyester ini bukan? Karena memang tidak semua jenis pakaian cocok menggunakan bahan polyester ini. Yuk langsung saja kita bahas berikut ini.

  • Pakaian Olahraga

  • Mantel

  • Tenda untuk Berkemah

  • Sleeping Bag

  • Jaket

Bahan Polyester Adalah

Contoh jaket yang terbuat dari bahan polyester

 

Nah, itu tadi adalah pembahasan tentang bahan polyester. Juragan bisa dapatkan beragam jenis bahan kain seperti fleece, pique yang terbuat dari 100% polyester di weva textile. Jika juragan tertarik bisa langsung kunjungi

[/vc_column_text][vc_single_image image=”11225″ img_size=”full” alignment=”center”][kapee_button text=”DAFTAR HARGA KAIN” button_alignment=”center” button_color=”custom” button_icon=”” button_custom_color=”#81d742″ button_custom_color_hover=”#2370f4″ button_link=”url:https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Fdrive%2Fu%2F0%2Ffolders%2F177QT7QmF8GN7xmuAh69PF9vUz8NmmnwS|target:_blank” css=”.vc_custom_1634979875957{margin-top: 10px !important;}”][vc_column_text]