Download Daftar Harga Disini!

6 Ciri – Spesifikasi dan Kegunaan bahan Scuba Spandex

by | Jan 15, 2022 | Blog

kain scuba weva

Pengertian Bahan Scuba

Untuk menjawab pertanyaan bahan Scuba Artinya, maka Kain scuba merupakan jenis rajutan ganda yang terbuat dari campuran poliester dan spandeks, dengan ukuran benang yang sangat halus, dan tekstur yang halus. Jika disentuh kain terasa sedikit kenyal, sangat halus dan memiliki efek sejuk saat bersentuhan dengan kulit. Kain scuba adalah versi kain neoprene yang lebih modis. Baik neoprene dan scuba terbuat dari bahan yang sama. Tetapi neoprene digunakan untuk tujuan yang lebih teknis, sedangkan scuba dirancang untuk digunakan untuk pakaian modis serta pakaian yang perlu teknis tetapi tetap modis seperti dress.

contoh-produk-bahan-scuba-WEVA-TEXTILE-2

Juragan mungkin pernah melihat kain scuba tanpa mengetahui apa yang juragan lihat, terutama jika juragan pernah membeli rok atau gaun yang lebih formal. Kainnya sangat halus dan berat, sehingga sering dipakai untuk bahan blazer.

Kain scuba tidak sama dengan neoprene yang merupakan karet sintetis yang lebih tebal dan kain hibrida yang lebih tahan lama, fleksibel dan sering digunakan untuk pakaian selam. Juragan juga dapat menjumpai kain yang disebut scuba crepe yang merupakan versi scuba yang lebih ringan, lebih mirip Lycra tetapi dengan sentuhan akhir bertekstur crepe.

Terbuat Dari Apakah Kain Scuba?

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kain scuba sama dengan bahan neoprene. Pertama, senyawa basa direaksikan dengan turunan batu gamping. Ini menghasilkan zat yang dikenal sebagai kloroprena.

Baca Juga : “Bahan Drifit Motif Bintik Dengan Banyak Pilihan Warna

Selanjutnya, kloroprena diubah menjadi bentuk cair yang disebut polikloroprena melalui proses yang disebut polimerisasi. Kloroprena cair dikirim ke produsen tekstil untuk dibuat menjadi bentuk yang dapat digunakan untuk produk tertentu.

Setelah di pabrik, kloroprena cair dikombinasikan dengan aditif tertentu untuk memberikan karakteristik khusus, seperti elastisitas. Zat dan aditif dicampur dalam mixer, kemudian dipanggang untuk membentuk zat karet sintetis yang dikenal sebagai neoprene.

Neoprene diiris menjadi beberapa bagian, kemudian disemprot dengan lapisan epoksi. Di sinilah perbedaan antara kain yang digunakan untuk membuat pakaian selam vs kain scuba. Kain yang digunakan untuk membuat pakaian selam adalah neoprene yang dilapisi dengan kain nilon. Tapi kain scuba adalah neoprene yang dilapisi dengan campuran polyester dan kain spandex.

Jadi pada dasarnya, kain scuba adalah lapisan neoprene yang diapit di antara dua lembar kain poliester dan spandeks. Kain poliester/spandeks adalah kain rajut ganda yang dibuat dengan benang halus, memberikan tekstur yang halus. Setelah kain dibuat, dijual apa adanya atau dikirim ke produsen pakaian untuk diubah menjadi pakaian jadi.

Karakteristik Bahan Scuba

-Relatif tebal, gramasi di atas 135 gsm.

-Handfeel lembut dan kain terasa kenyal

-Permukaan luar kain sedikit glossy

-Melar atau elastis

-Terbuat dari campuran polyester dan spandeks

-Saat menjadi limbah susah terurai

Apakah Bahan Kain Scuba Breathable?

Tidak ada kain yang 100% sempurna, dan kain scuba tidak terkecuali dalam hal ini. Salah satu kelemahan kain scuba adalah tidak terlalu menyerap keringat. Hal ini karena terbuat dari bahan sintetis. Neoprene dan spandeks dikenal sebagai kain yang kurang baik sirkulasi udaranya. Poliester agak menyerap keringat, tetapi secara keseluruhan, kain memiliki tingkat daya serap yang sangat rendah.

Konon, pakaian yang terbuat dari kain scuba bisa membuat pemakainya merasa hangat dan pengap. Jika juragan mempertimbangkan untuk menggunakan kain scuba untuk bahan pakaian, ketahuilah bahwa kain scuba kurang cocok untuk pakaian musim semi dan musim panas yang dikenakan saat cuaca hangat di luar.

Karakteristik-kain-scuba-WEVA-TEXTILE-2

Kegunaan Bahan Scuba

Pemanfaatan kain scuba tak hanya di dunia fashion. Misalnya, jenis tekstil ini biasa digunakan di bidang medis dalam berbagai bentuk. Sarung tangan scuba telah menjadi semakin umum karena industri medis menjadi lebih sensitif terhadap kebutuhan pasien alergi lateks, dan kain ini sering digunakan sebagai bantalan yang digunakan untuk peralatan medis. Apalagi sejak masa pandemi covid, kain scuba banyak digunakan untuk bahan masker. Dalam industri fashion kain scuba banyak dipakai untuk bahan dress, rok, bahkan blazer. Dan seperti nama kain “scuba” yang diadaptasi dari cerita awal tujuan pembuatan kain ini sebagai bahan pakaian untuk menyelam.

Baca Juga : “Jenis Jenis Kain Yang Sedang Trend Di Tahun 2022

Kain scuba elastis dapat mengikuti bentuk tubuh sehingga cocok untuk bahan pakaian menyelam. Kain scuba juga cocok untuk bahan pakaian olahraga tertentu contohnya legging. Tapi ingat bahwa bahan scuba artinya bukan kain yang dapat menyerap keringat dengan baik, jadi belum tentu bagus untuk dikenakan saat juragan melakukan aktivitas berat. Juragan yang gemar bermain komputer mungkin juga menjumpai bantalan mouse yang terbuat dari kain scuba. Biasanya bantalan mouse memiliki gambar yang bermacam-macam dan bahan scuba artinya cocok untuk disablon / printing.

Dimana Bisa Membeli Kain Scuba?

Banyak toko tekstil menjual kain scuba termasuk toko kain terlengkap Weva Textile. Di Weva Textile kain scuba dijual ecer secara kiloan dan juga rol. Tersedia banyak pilihan warna dan juga juragan bisa membeli katalog berbagai kain lain. Weva Textile juga memiliki akun Youtube, Tiktok dan Instagram yang akan selalu update tentang promo dan harga terbaru. Tunggu apalagi juragan bisa menghubungi admin kami pada nomer yang tertera di bawah ini. Atau bisa langsung berbelanja di offlne store Gudang Kain Weva di Jl Kapasan no 55b dan 53d Surabaya.