Download Daftar Harga Disini!

7 Jenis Kain Kanvas yang Cocok untuk Tas

by | Apr 5, 2022 | Blog

Hai sobat Weva, kali ini kita akan coba bahas jenis kain yang cocok digunakan untuk tas. Tapi, bahasan kita akan lebih spesifik pada jenis kain kanvas untuk tas ya. Buat sobat yang ingin cari tau rekomendasi jenis kain lain untuk tas, seperti jenis kain parasut untuk tas, atau bahan tas spunbond bisa di cek di link tersebut ya. 

Salah satu alasan mengapa bahan kanvas juga diminati sebagai bahan tas adalah karakteristiknya yang kaku serta lebih tebal membuat bahan ini lebih kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan kain yang lain. Meskipun demikian, tidak semua kalangan menyukai tas berbahan dasar kanvas karena sebagian bahan kanvas bobotnya lumayan berat. Untuk lebih detailnya kita langsung bahas aja yuk. 

Contoh Model Tas dengan Bahan Kanvas

Ada banyak model tas berbahan kanvas yang saat ini berkembang di pasar. Kalian pasti juga cukup sering menjumpainya di sekitar. Berikut adalah beberapa contoh model tas kanvas yang bisa kamu jadikan referensi untuk OOTD ataupun inspirasi bisnis tas kamu.

  • Tas Ransel

Model tas ransel memang banyak digunakan di berbagai lapisan generasi. Mulai dari anak-anak sekolah hingga dewasa. Karenanya tak heran juga ada model tas ransel yang berbahan kanvas. Tas ransel berbahan kanvas ini lebih banyak digunakan oleh kaum hawa. Selain bahannya yang awet, model yang beredar juga cukup modis sehingga sangat sesuai dengan gaya hidup mereka. Berikut salah satu contoh tas ransel berbahan dasar kain kanvas.

tas ransel kanvas

tas ransel kanvas (source: tokopedia.com)

 

  • Tas Selempang

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis tas, mungkin Anda perlu memperhatikan segmentasi pasar Anda. Umumnya tas selempang digunakan oleh pekerja kantoran, baik laki-laki maupun perempuan. Model tas ini juga sangat beragam. Berikut contoh tas selempang laki-laki dan perempuan.

tas selempang kanvas pria

tas selempang kanvas pria (source: tokopedia.com)

tas selempang kanvas wanita

tas selempang kanvas wanita (source: tokopedia.com)

 

  • Tote Bag

Jenis tas ini cukup banyak diminati oleh kalangan muda. Selain modelnya yang modis dan sangat cocok untuk digunakan pada berbagai aktivitas. Buat kalian yang ingin membuat model tas ini, bisa cek bahan-bahan yang bagus untuk tas ini disini ya.

tote bag polos putih

tote bag (source: uniqlo.com)

Kelebihan dan Kekurangan Kain Kanvas untuk Tas

Seperti bahan kain yang lainnya, kain kanvas juga memiliki banyak kelebihan dan beberapa kekurangan. Karakteristiknya yang tebal dan sedikit kaku menjadikan bahan ini memiliki beberapa keunggulan dibanding bahan tas yang lain. Jika Anda ingin mengetahui karakteristik bahan kanvas untuk tas, bisa cek disini ya. 

  • Kelebihan

Bahan kanvas yang digunakan untuk bahan tas memiliki banyak kelebihan. Jika sobat Weva ingin menawarkan produk tas dengan bahan kanvas ke customer sobat, ada baiknya sobat menyimak kelebihan tas berbahan kanvas ini. Dengan begitu, bisa menjadi nilai tambah untuk produk Anda.

  1. Tas kanvas bisa menjadi alternatif untuk menyelamatkan lingkungan dari limbah plastik. Anda bisa mengganti semua tas plastik Anda dengan tote bag yang terbuat dari bahan kanvas yang lebih awet dan lebih ramah lingkungan.
  2. Perawatan yang relatif mudah. Tas kain kanvas relatif lebih mudah dibersihkan. Karena tas kanvas cukup bisa dibersihkan dengan tangan atau hand-washing. 
  3. Sifat tas kain kanvas yang awet dan tahan lama. 
  4. Harganya cukup terjangkau
  • Kekurangan

Kekurangan tas bahan kanvas ini adalah sebagai berikut. 

  1. Permukaan tas yang umumnya kasar. Jika ingin bahan yang lebih halus, sebaiknya gunakan bahan baby canvas.
  2. Serat benangnya terlihat jelas.

 

Jenis Kain Kanvas yang Cocok untuk Tas

  • Kanvas Blacu

Jenis kanvas yang satu ini adalah jenis kanvas yang paling mudah di temui di pasar. Meskipun kanvas blacu tergolong kain kanvas yang memiliki kualitas yang paling rendah, tetapi kain kanvas jenis ini memiliki harga yang paling terjangkau. Tekstur dari kain ini umumnya kasar. Jenis kain ini juga tidak disarankan untuk tas yang digunakan untuk mengangkat beban berat. Karena dikhawatirkan akan mudah rusak. Model tas yang paling sering menggunakan bahan kanvas blacu adalah totebag maupun tas souvenir.

  • Baby Canvas

Kain baby canvas cukup terkenal digunakan sebagai bahan jaket. Jika sobat Weva tertarik untuk mengetahui jaket bahan kanvas, bisa cek langsung ya. Baby canvas memiliki pori-pori yang relatif lebih kecil dibanding kain kanvas yang lain. Sehingga tampak lebih indah dan elegan. Selain itu, teksturnya yang lembut dan nyaman membuat jenis kain kanvas ini menjadi pilihan. 

  • Kanvas Marsoto 

Kanvas marsoto memiliki ketebalan yang cukup tinggi. Jenis kanvas ini terkenal karena awet dan tahan lama. Tekstur kain ini memiliki kemiripan dengan kain cordura.

  • Kanvas Sueding

Untuk kanvas yang satu ini memiliki ketebalan yang lebih rendah dibandingkan kanvas marsoto. Teksturnya juga lebih lembut karena memiliki lapisan yang sedikit berbulu.

  • Kanvas PE

Jenis kanvas ini terbuat dari campuran katun dan serat polyester. Kain ini memiliki karakteristik yang relatif panas dibanding kanvas lain. Tetapi, kain ini memiliki kekuatan yang cukup baik. Sehingga kanvas ini menjadi pilihan untuk membuat tas.  

 

Tips Merawat Tas Kanvas

Meskipun tas berbahan kanvas umumnya tidak memerlukan perawatan khusus, ada baiknya jika tetap melakukan perawatan agar tas sobat bisa digunakan dalam jangka waktu yang jauh lebih lama. Berikut tips perawatan tas kanvas agar bisa awet dan tahan lama.

  1. Jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Salah satu kekurangan bahan kanvas secara umum adalah warnanya yang relatif mudah pudar jika terkena sinar matahari. Jadi jangan jemur tas kanvas Anda secara langsung terkena sinar matahari ya. 
  2. Simpan di tempat yang kering dan tidak lembab. Simpanlah di lemari yang kering dan tidak lembab. Sebab jika tempat penyimpanan lembab akan mudah mendatangkan jamur dan ngengat. Tentu saja sobat Weva tidak mau tas kanvas diselimuti jamur kan?
  3. Gunakan sikat yang lembut untuk mencuci bagian yang kotor. Jika tas kanvas sobat terkena kotoran, sebisa mungkin mencucinya dengan segera. Selain itu, gunakanlah sikat yang lembut sehingga tidak merusak serat dari kain kanvas. 
  4. Cuci menggunakan tangan. Untuk jenis tas kanvas juga tidak cocok dicuci menggunakan mesin cuci. Karena hal tersebut bisa saja merusak bagian tas dan serat-serat kanvas. Selain itu jangan lupa untuk gunakan deterjen yang lembut agar serta kanvas tidak mudah rusak.
  • Harga Kain Kanvas untuk Membuat Tas

Jika sobat Weva memiliki lini bisnis yang menjual tas dan berkeinginan membuat lini produk dengan bahan kanvas, kami menyediakan harga kain kanvas yang cukup terjangkau. Sebagai gambaran, untuk harga per yard kain baby canvas saat artikel ini dibuat adalah Rp 37.500 dan jika sobat membeli per roll yang berisi 50 yard tentu akan mendapatkan harga yang lebih murah. Selain baby canvas, kita juga menyediakan kanvas marsoto dan sueding yang harga ecer per yard-nya masing-masing adalah Rp 44.500. Untuk lebih detail bisa sobat cek disini ya. Sobat bisa dapatkan harga per roll maupun ecer per yard. Untuk per meter bisa dengan kontak tim marketing kami yang tersedia di kolom bawah website.