Download Daftar Harga Disini!

Mengenal Kain Toyobo dan Cara Perawatannya

by | Jan 8, 2022 | Blog

penjelasan kain katun toyobo toko weva textile surabaya

Mengenal Kain Toyobo dan Cara Perawatannya

Apakah juragan pernah membeli gamis atau kemeja dengan tekstur mirip seperti kain drill namun sedikit glossy? Kemungkinan pakaian yang juragan beli berbahan kain toyobo. Kali ini Weva Textile akan membahas penjelasan tentang kain toyobo. Kain toyobo atau katun toyobo adalah jenis kain katun yang berasal dari matahari terbit alias Jepang. Permukaan luar kain memiliki serat bergaris diagonal mirip kain drill namun dengan handfeel kain lebih lembut dan glossy. Harga kain toyobo bervariasi tergantung jenisnya.

Apa itu Kain Toyobo?

Kain toyobo atau dikenal juga dengan nama katun toyobo terbuat dari serat kapas alami yang dipital dengan mesin modern menghasilkan bahan toyobo yang halus, lembut, dengan ketebalan medium. Seperti pada umumnya kain yang terbuat dari serat kapas nyaman saat digunakan karena dapat menyerap keringat dan tidak menyebabkan iritasi saat bersentuhan dengan kulit. Permukaan luar kain sedikit mengkilap dan gampang berbulu karena terbuat dari cotton / katun. Handfeel kain yang lemas dan jatuh membuat kain ini sering dipakai untuk produksi pakaian fashion seperti kemeja dan gamis. Untuk ketebalan cenderung medium ke tebal sehingga tidak membutuhkan furing tambahan lagi. Kain cotton toyobo bisa digunakan untuk bahan produksi pakaian pria maupun wanita dan bisa dibuat dengan berbagai desain.

Karakteristik dan Kelebihan Kain Toyobo : 

  • Tekstur luar kain serat bergaris diagonal seperti kain drill
  • Permukaan kain toyobo sedikit glossy dan licin
  • Adem dan nyaman karena terbuat dari katun
  • Cenderung tebal dan tidak mencetak bentuk tubuh sehingga aman dipakai bahan gamis serta bahannya jatuh sehingga terlihat anggun
  • Banyak pilihan warna, cenderung ke warna pastel dan soft
  • Tidak mudah kusut dan nyaman dipakai dalam waktu yang lama
karakteristik kain toyobo

karakteristik kain toyobo

Warna yang Umum Pada Kain Toyobo

Bahan toyobo digemari kaum wanita karena banyaknya pilihan warna yang paster dan soft. Puluhan warna tersedia dari warna gelap sampai warna terang. Berikut adalah pilihan warna katalog kain toyobo jenis fodu.

Jenis-jenis Kain Toyobo 

Bahan kain toyobo memiliki pasar yang ramai di Indonesia. Permintaan akan kain ini membludak sehingga tidak hanya satu, namun banyak pabrik yang memproduksi tiruan kain toyobo dengan berbagai merk berbeda. Kualitas masing-masing pabrik / merkpun bermacam-macam mulai dari kualitas standart dengan harga terjangkau sampai kualitas premium yang tentunya hargapun menyesuaikan. Namun sejatinya kain katun toyobo asli adalah kain toyobo yang diproduksi oleh pabrik Jepang.

Baca Juga : ” Gaya Busana Hijab Artis Menggunakan Kain Toyobo”

Penggunaan Kain Toyobo

Handfeel kain toyobo lembut dan jatuh, plus permukaannya sedikit mengkilap. Karena itu penggunaan bahan toyobo lebih condong untuk pakaian perempuan. Contohnya adalah gamis, jilbab, pashmina, rok fashion. Selain itu juga bisa dipakai untuk kemeja, tas serut, pouch souvenir, taplak meja, dll.

Harga Kain Toyobo

Kain toyobo umumnya dijual dalam satuan yard. Satu yard sama dengan 90 cm, tidak sampai satu meter. Sedangkan dalam 1 rol berisi kisaran 50 yard. Untuk merk kain toyobo premium yang asli buatan jepang, harganya lebih tinggi daripada merk tiruannya. Namun selesih tidak terlalu banyak, selisihnya tidak sampai 10.000/yard. Untuk harga kain toyobo polos termurah silahkan cek di link berikut ini :

DAFTAR HARGA KAIN

Apa Perbedaan yang Asli dan yang KW? 

Salah satu jenis kain yang meniru bentuk fisik kain toyobo adalah katun ima. Katun ima diproduksi semirip mungkin dengan katun toyobo namun dengan kualitas di bawahnya. Oleh karena itu banyak orang menyebut kain ini dengan julukan kain toyobo KW.  

Baca juga : “Keistimewaan Gamis dari Bahan Toyobo”

Kelebihan material toyobo yang paling menonjol adalah warnanya yang soft namun pekat dan awet. Meskipun berbahan katun namun warnanya termasuk awet tidak mudah pudar dibanding jenis kain lain yang sama-sama berbahan katun. Hal ini berbeda dengan bahan katun toyobo tiruan yang warnanya pudar dengan beberapa kali cuci dan permukaan kain menjadi kasar. Jadi jika ingin melihat keasliannya bisa dicoba cuci beberapa kali, jika warnanya terlalu pudar dan permukaan kain menjadi kasar besar kemungkinan kain tersebut adalah tiruan toyobo. Bahan toyobo bagus dan cocok untuk membuat kemeja, gamis, jilbab, pashmina, dll.

kegunaan kain katun toyobo toko weva textile surabaya

Image Source : Weva Textile

Tips Perawatan Kain Toyobo 

Salah satu kelebihan kain toyobo adalah awet dan warna tidak cepat pudar. Meskipun demikian sebaiknya kita tidak sembarangan saat melakukan perawatan atau pencucian. Jika dilakukan secara berhati-hati dan benar pakaian berbahan toyobo bisa dipakai dalam waktu bertahun-tahun. 

Perawatan pakaian berbahan kain toyobopun secara umum mudah dan mirip seperti kain lainnya. Untuk lebih jelasnya juragan bisa membacalangkah perawatan di bawah ini : 

  • Laundry Satuan 

Langkan tercepat dan mudah adalah dengan menaruhnya di laundry, namun bukan laundry kiload yang tercampur dengan berbagai jenis pakaian. Jenis laundry yang dimaksud adalah laundry satuan yang bisa merawat secara maksimal tanpa merusak baju.Namun laundry satuan memakan biaya yang tidak murah apalagi jika juragan memiliki banyak baju yang harus dilaundry. 

  • Mencuci secara manual ataupun dengan mesin 

Cara terjangkau untuk merawat pakaian berbahan toyobo adalah dengan mencuci sendiri. Jika mencuci dengan tangan, jangan kucek terlalu keras dan jangan disikat. Dan apabila mencuci dengan mesin gunakan mode putaran pelan. Dan untuk penggunaan detergen agar tidak terlalu banyak karena sisa detergen akan menempel dan menjadi noda di baju saat kering.  

  • Cara Menjemur

    Pakaian berbahan kain toyobo bisa dikeringkan dengan cara dijemur di luar ataupun dikeringkan dengan mesin. Jika pakaian jarang dipakai, maka disarankan dikeringkan menggunakan mesin. Namun jika juragan memiliki banyak baju yang dicuci maka sebaiknya dijemur di luar agar terkena sinar matahari dan angin sehingga baju tidak berbau apek. 

  • Cara Menyetrika dan Penyimpanannya

    Seperti lazimnya menyetrika baju jenis lain, namun untuk menyetrika baju berbahan kain toyobo jangan menggunakan suhu yang terlalu tinggi. Setelah disetrika simpan baju di tempat yang kering agar baju tidak kusut dan tidak berjamur. Meski kain toyobo tidak mudah kusut namun jika dilipat terlalu lama akan berbekas. 

Bagaimana juragan, setelah semua info di atas apa juragan tertarik untuk mencoba kain toyobo? 

Untuk juragan yang tertarik mencoba kain toyobo agan bisa membeli di Weva Textile, kain bisa dibeli secara ecer maupun rol, untuk harga terbaik kami sarankan membeli dalam jualah rol. Juragan bisa menemukan toko offline kami di Jl. Kapasan no.55 b dan no.53 d Surabaya. Juragan juga bisa bertanya mengenai info kain lain yang kami jual selain toyobo melalui whatsapp, dm instagram, facebook, youtube, maupun tiktok dengan nama akun Weva Textile. Untuk juragan yang berdomisili di luar Surabaya bisa membeli kain melalui marketplace kami shopee, tokopedia, lazada dan bukalapak dengan nama akun toko “Weva Textile”. 

Mengenal teknologi circularknitting kain cotton combed kiloan toko weva textile kapasan surabaya

Image Source : Weva Textile