Download Daftar Harga Disini!

Perbedaan Bahan Hyget dan Jersey

by | Mar 3, 2022 | Blog

Perbedaan Bahan Hyget dan Jersey

Jenis kain baru banyak dibuat dan kita bisa memilih kain yang cocok dengan baju yang akan dibuat. Bahkan dalam satu jenis kain terdapat berbagai variasi. Contohnya jenis kain jersey, terdapat varian jersey spandek, jersey hightwist, jersey drifit, dll. Ada juga bahan yang mirip seperti jersey yaitu bahan hyget. Meskipun mirip tentunya kedua bahan ini memiliki beberapa perbedaan. Lalu, apakah perbedaan bahan hyget dan jersey? Yuk kita simak satu persatu pengertian hyget, jersey, dan perbedaannya. 

Apa Itu Bahan Hyget

Material hyget terbuat dari campuran antara serat polyester dan spandeks. Bahan polyester membuat kain ini ringan dan relatif tipis. Dan bahan spandex membuat tekstur kain hyget elastis. Permukaan luar dan dalam kain rata dan rajutan benang yang lumayan rapat. Namun sebenarnya handfeel kain terkesan agak kasar. Biasanya kain ini banyak digunakan untuk bahan kaos kampanye partai karena harganya yang relatif murah. Selain itu kain hyget mudah untuk disablon sublim, proses sablon ini lebih cepat dari sablon lainnya. Sehingga untuk membuat kaos partai dalam jumlah banyak, budget rendah, dan butuh waktu cepat, menggunakan bahan hyget adalah pilihan yang baik. 

Karena bahan utamanya yang terbuat dari serat sintetis olahan plastik yaitu polyester, bahan hyget tidak mudah kusut dan permukaan agak mengkilap. Sesuai dengan sifat polyester, kain ini tidak tidak menyerap keringat dan terasa gerah. 

Jenis-jenis Kain Hyget

  • Hyget Biasa

    Biasanya jenis inilah yang dipakai untuk kaos partai yang biasanya dibagikan saat kampanye. Dibandingkan jenis hyget lain, hyget biasa sangat tipis. Kelebihan dari jenis ini adalah harganya yang juga sangat murah. 

  • Hyget Super

    Jenis hyget super memiliki kualitas yang lebih baik dari hyget biasa. Bisa dibilang kain ini adalah hyget kualitas premium. Kain hyget super lebih tebal dan rajutan benang lebih rapat dari hyget biasa. Harganyapun sudah pasti lebih mahal dari hyget biasa. Biasanya kain ini dimanfaatkan untuk pembuatan hijab instan. 

  • Hyget Balon

    Kain hyget balon lebih adem dari jenis lainnya karena mengandung bahan katun. Lumayan sejuk jika dipakai dan tidak sekasar hyget biasa. Umumnya hyget balon dipakai untuk membuat seragam tim sepak bola dan jenis pakaian olahraga lainnya. 

  • Hyget Serena

    Dari semua jenis yang dibahas di atas, jenis hyget serena memiliki kualitas terbaik. Bahan ini lebih lentur, elastis, dan memiliki kerapatan yang lebih. Karena ini kain ini tidak tembus pandang. Dan juga kandungan katunnya membuat hyget serena menyerap air dengan cukup baik. Karakteristik kain yang elastis dan mampu menyerap keringat dengan baik pada hyget serena, cocok untuk bahan pakaian olahraga seperti kaos futsal dan kaos sepeda. 

Apa Itu Bahan Jersey 

Pada daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia, memilih kain yang bisa menyerap air dengan baik adalah hal penting. Anda pasti tidak ingin hawa panas ditambahi dengan rasa tidak nyaman saat memakai pakaian dengan bahan polyester. Untuk itu bahan jersey patut Anda masukkan list daftar kain yang nyaman dipakai saat cuaca panas. 

Bahan jersey sering disebut cotton stretch, dibuat dari campuran serat cotton/katun dan serat sintetis. Kain jersey relatif tebal, permukaan tidak berbulu, dan elastis. Alasan elastis bisa mengikuti bentuk tubuh inilah yang menjadikan bahan jersey laris untuk bahan pakaian wanita. 

Bahan bakunya yang mengandung katun membuat kain ini menyerap air dengan baik. Jika bahan hyget lebih umum dijual dengan motif polos, berbeda dengan bahan jersey yang memiliki banyak motif dan warna. Meski bahan ini secara umum tebal, ada juga jenis yang relatif tipis. 

Jenis-jenis Kain Jersey 

  • Jersey Drifit

    Kebanyakan kaos olahraga yang dijual secara readystok di toko memakai bahan jersey drifit. Ciri khas kain ini memiliki lubang pori-pori lumayan besar. Lubang pori ini berfungsi mengalirkan air atau keringat melalui celahnya, dan air akan cepat menyebar dan menguap. Meskipun terbuat dari polyester kain drifit adem dan sejuk saat dipakai. Bahkan saat olahraga berat yang mengeluarkan banyak keringat, bahan jersey drifit masih mumpuni untuk memberikan rasa nyaman. 

  • Spandek Jersey

    Sering disebut sebagai bahan jersey premium atau jersey spandek korea. Kain ini memiliki elastisitas di atas rata-rata kain jersey. Bahannya terkesan tebal dan jatuh namun tetap adem digunakan. Pilihan warnanya cenderung ke soft dengan handfeel yang kesat. Cocok untuk bahan gamis dan rok, atau bisa juga untuk bahan jilbab instan. 

  • Jersey High Twist

    Tipe jersey ini memiliki permukaan mengkilap dan kainnya jatuh. Kerap dibuat menjadi bahan celana, almamater, dan jaz, kilapnya memberi kesan elegan. Namun jenis jersey ini terbuat dari polyester sehingga kurang nyaman dipakai saat cuaca panas. Merk jersey high twist contohnya maxi style, tiger, staff, dan jetblack.  

Dan masih banyak jenis jersey lainnya seperti, jersey etiway, jersey stella, jersey crepe, dan jersey paragon. Mungkin di lain waktu akan dibahas lebih mendetail. 

Perbedaan Antara Bahan Hyget dan Jersey

Untuk Anda yang tidak sempat membaca penjelasan panjang pada artikel ini, silahkan lihat tabel inti dari karakteristik dan perbedaan antara bahan hyget dan jersey ini.

Hyget  Jersey
Terbuat dari polyester dan spandek  Terbuat dari katun, nylon, dan serat sintetis 
Tidak menyerap keringat  Kemampuan menyerap keringat yang baik 
Relatif tipis  Cenderung lebih tebal dari hyget 
Tidak mudah kusut  Tidak mudah kusut 
Elastis  Elastis 
Harga murah  Harga lebih mahal dari hyget 
Permukaan agak mengkilap  Permukaan doff 

Dan untuk penjelasan yang lebih mendetail, silahkan melihat ulasan pada video berikut ini.

Pilih Mana, Hyget atau Jersey? 

Setelah membaca ulasan tentang perbedaan bahan hyget dan jersey, Anda kini telah memiliki pertimbangan kain manakah yang cocok dengan kebutuhan. Jika Anda ingin membuat baju dengan jumlah banyak namun terbatas pada budget, maka Anda bisa memilih kain hyget. Namun jika Anda ingin pakaian yang lebih nyaman, Anda bisa memilih material jersey. Kain-kain tersebut bisa dibeli melalui marketplace atau bisa juga datang langsung ke toko kain. Semoga artikel ini dapat membantu dan jangan lupa share ya!