Download Daftar Harga Disini!

5 Hal yang Harus Kamu Tau Tentang Kain Japan Drill 

by | Mar 22, 2022 | Blog

penjelasan tentang bahan seragam kain japan drill

5 Hal yang Harus Kamu Tau Tentang Kain Japan Drill 

Sebelum Anda memilih baju, faktor apakah yang menjadi pertimbangan Anda? Apakah kenyamanan bahan, warna, atau merk baju tersebut. Banyaknya jenis bahan kain mungkin malah membingungkan Anda yang tidak terlalu paham tentang kain. Kali ini kita akan membahas tentang kain untuk bahan seragam yaitu Japan Drill. Berikut adalah 5 hal  yang harus Anda tau tentang kain japan drill. 

Apa Itu Kain Japan Drill? 

Japan drill adalah kain untuk bahan seragam dengan ciri khas seperti kain drill lain yaitu permukaan kain yang bergaris. Kain japan drill terbuat dari campuran serat cotton (kapas) dan sintetis (polyester). Karena rasio bahan katun yang lebih besar, kain ini nyaman dan adem digunakan, dapat menyerap kelembapan dengan baik, namun tidak mudah kusut karena mengandung polyester. Kain japan drill adalah kain rekomendasi untuk pembuatan seragam kantor, seragam sekolah, wearpack, PDL, PDH, celana cargo, topi, bahkan rompi. 

Baca juga : “Bahan Japan Drill Berkualitas untuk Seragammu”

Karakteristik Bahan Japan Drill 

Tampak secara kasat mata, kain japan drill seperti jenis drill lain memiliki permukaan bergaris diagonal/miring. Dilihat dari segi bahan baku, kain japan drill mampu menyerap air dengan baik dan adem dipakai karena mengandung komposisi katun lumayan banyak. Namun tak seperti kain yang berbahan full katun yang mudah kusut dan menyusut, kain japan drill bisa mempertahankan bentuknya karena juga mengandung bahan polyester. Jadi Anda tetap bisa terlihat rapi meskipun memakai baju tersebut dalam waktu yang lama. Bahan japan drill tidak melar, dari komposisi bahan bakunya tidak terdapat spandeks ataupun elastine. Cara perawatannya juga terbilang mudah, tidak ada cara khusus yang spesifik.  

rupa permukaan kain japan drill untuk bahan seragam

Image Source : Weva Textile

Kelebihan dan Kekurangan Japan Drill 

Setiap jenis kain pasti memiliki keunggulan dan kekurangan. Hal tersebut wajar karena tidak mungkin ada spesifikasi kain yang sempurna. Semua karakteristik dan kelebihan kain tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan baju yang akan dibuat. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan kain japan drill. 

Kelebihan Japan Drill 

  • Adem dan nyaman dipakai 
  • Menyerap keringat dengan baik 
  • Tekstur sedikit kaku dan mudah dibentuk 
  • Relatif tebal dan kuat 
  • Banyak pilihan warna 
  • Warna awet, tidak mudah pudar 

Kekurangan Japan Drill 

  • Bagi sebagian orang mungkin kurang nyaman memakai kain yang mengandung polyester seperti japan drill 
  • Harga lebih mahal karena lebih banyak mengandung bahan katun 

Kain Japan Drill Vs American Drill 

Kedua jenis kain ini sama-sama difungsikan untuk pembuatan seragam. Secara fisikpun sama-sama memiliki serat kain yang bergaris diagonal. Dari segi bahan baku, american drill dan japan drill juga sama terbuat dari campuran serat katun dan poliester. Karena itu juga karakteristik kain american drill dan japan drill bisa dikatakan sama. Bahan american drill dan japan drill sama bagusnya untuk bahan seragam sampai totebag. Perbedaan kedua kain ini hanya pada merk dan pabrik yang memproduksi saja. Tentu saja ketersediaan pilihan warna juga berbeda. Dan terakhir, untuk masalah harga kedua jenis kain ini juga tidak jauh berbeda. 

Baca juga : “Bahan American Drill Apakah Bagus?”

Harga Kain Japan Drill 

Hanya da satu pabrik yang memproduksi kain drill dengan merk ini di Indonesia. Namun untuk harga yang beredar di pasaran bisa bervariasi tergantung beberapa faktor seperti biaya distribusi, harga sewa toko yang dibebankan ke harga jual kain, dll. Jika dilihat dari harga yang ada di marketplace, sebenarnya selisih harga tidaklah terlalu jauh. Harga kain japan drill di pasaran masih berkisar di bawah Rp 40.000. Untuk harga bahan japan drill yang lebih terupdate silahkan klik link berikut ini : daftar harga kain japan drill. 

Itu tadi sedikit informasi mengenai bahan seragam drill yang laris dipakai untuk membuat seragam. Jangan lupa share dan like artikel ini untuk berbagi pengetahuan ya! 

toko kain weva textile menjual berbagai macam kain untuk jaket, kaos dan seragam