Download Daftar Harga Disini!

Apa itu Bahan Taslan, Sifat dan Kelebihannya

by | Feb 14, 2022 | Blog, Kain Parasut

5 Kelebihan Bahan Taslan yang Harus Kamu Tahu

Apa itu bahan taslan?

Kita mungkin sering melihat jaket seragam yang dipakai oleh driver ojek online. Tapi apakah juragan tau bahan apakah yang dipakai untuk membuat jaket tersebut? Bahan ini adalah bahan taslan. Jaket dengan bahan taslan terkenal durabel, mungkin karena inilah perusahaan besar ojek online memilih material taslan sebagai bahan utamanya.

Bahan taslan adalah jenis kain parasut yang terbuat dari campuran serat sintetis poliester dan serat nilon bertekstur. Campuran dua serat ini diproses dengan mesin teknologi baru yang memungkinkan jalinan benang yang kuat dan durabel (bisa dipakai dalam waktu yang lama).

Selain durabel, masih banyak kelebihan lain yang membuat kain taslan laris untuk dibuat menjadi jaket motor. Namun memang tidak ada jenis kain yang sempurna, kain taslan tentunya juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan taslan, mari kita bahas pada artikel ini.

 

detail serat bahan taslan untuk jaket motor

Karakteristik Kain Taslan

Tampilan luar kain ini terlihat halus dan tidak bertekstur. Kebanyakan kain yang dijual polos dan banyak pilihan warnanya. Kain terkesan kaku sehingga cocok untuk bahan jaket bomber dan jaket model lainnya. Terbuat dari serat poliester membuat kain ini bisa mempertahankan bentuknya. Jadi meskipun setelah dilipat kain tidak mudah kusut.

Kelebihan Bahan Taslan

Waterproof (Anti Air)

Ciri utama bahan taslan adalah permukaan luar yang halus dan memiliki coating pada bagian belakang. Meskipun ada satu jenis taslan, yaitu taslan salur, yang tidak memiliki coating apapun. Coating inilah yang membuat kain taslan memiliki sifat menolak air.

Selain itu memang kain taslan terbuat dari campuran material benang nilon bertekstur dan polyester. Karena itu kain taslan tergolong bahan parasut. Sebagian besar kain parasut dengan bahan polyester memiliki sifat menolak air, atau water repellent. Sifat kain taslan tidak 100% anti air, contohnya saat hujan deras air masih bisa tembus. Meskipun demikian, jenis kain ini relatif cukup tebal sehingga jika digunakan pada kondisi intensitas hujan ringan seperti gerimis, air akan tertahan pada permukaan kain seperti air pada daun talas. 

Dibuat dengan Teknologi Modern

Sekarang ini perkembangan teknologi sangat pesat, termasuk dalam industri tekstil. Pembuatan kain taslan juga melalui proses menggunakan teknologi modern. Plastik diubah menjadi serat benang tipis yang tentunya harus menggunakan teknologi rekayasa modern. Begitu pula dengan proses pintal benang dan weaving sampai menjadi kain. Dengan perkembangan teknologi memungkinkan para produsen kain membuat jenis kain baru termasuk kain taslan. Kain taslan yang dihasilkanpun memiliki spesifikasi mumpuni untuk membuat jaket motor dan jaket outdoor lainnya.  

Mudah Kering (Quick Dry)

Bahan jaket motor dan waterproof yang bagus biasanya memiliki kelebihan cepat kering. Bahan ini juga termasuk kain yang cepat kering. Benang sintetis polyeste pada bagian dalam jaket memiliki lapisan tambahan berupa kain polar atau fleece.  

Kekurangan dari Kain Taslan

  • kain yang terbuat dari polyester cenderung panas saat dipakai, seperti halnya material taslan, kami sarankan menambahkan lapisan kain jenis lain pada bagian dalam
  • saat bersentuhan dengan kulit yang basah terasa lengket
  • tidak bisa menahan air dengan intensitas tinggi kecuali jenis taslan baloon

Jenis-jenis Bahan Taslan

Bahan taslan memiliki beberapa jenis yaitu taslan milky, bening, salur, bestway, dan baloon. Permukaan luar semua jenis sama yaitu memiliki tekstur kain rata dan benangnya tidak menonjol. Perbedaannya terletak pada bagian belakang kain.

Taslan milky memiliki coating berwarna putih susu pada bagian belakang. Jenis taslan bening seperti namanya memiliki lapisan coating berwarna bening atau transparan. Bahan taslan salur tidak memiliki coating apapun, jadi bagian luar dan dalam permukaan kain terlihat mirip.

Untuk juragan yang ingin membuat jaket dengan fitur 100% waterproof bisa menggunakan taslan baloon. Lapisan coating berupa latex tipis pada bagian belakang kain taslan baloon, membuat kain mampu menahan air sepenuhnya. Harga kain taslan per meternya berbeda-beda tergantung jenisnya walau selisihnya hanya sedikit.

Lalu, Jenis Pakaian Apa yang Paling Cocok Menggunakan Kain Taslan?

Fungsi utama kain taslan adalah sebagai bahan dasar pembuatan jaket. Selain itu juga cocok untuk bahan perlengkapan outdoor atau mendaki lainnya. Material kain taslan yang waterproof menguntungkan saat cuaca tidak menentu karena bisa menahan panas sekaligus hawa dingin. Perlengkapan lain yang bisa memakai material taslan:

  • tenda
  • cover mobil
  • beanbag
  • jaket
  • APD Hazmat
  • totebag
  • Dll

Harga Kain Taslan

Nah itu tadi ulasan mengenai kelebihan bahan taslan dan pengertiannya. Apakah juragan tertarik mencobanya? Juragan bisa membeli bahan parasut taslan jenisnya lengkap di Toko Kain Terlengkap Surabaya Weva Textile. 

Jangan lupa share artikel ini untuk berbagi pengetahuan mengenai bahan taslan ya!