Download Daftar Harga Disini!

Mengenal Cotton Combed, Jenisnya hingga Tips Perawatan

by | Sep 22, 2021 | Blog, Cotton Combed, Kain Katun

Jual Kain Katun Cotton Combed Kiloan Toko Weva Textile Kapasan Surabaya

Mengenal Cotton Combed, Jenisnya hingga Tips Perawatan

Kaos adalah jenis pakaian yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas sehari-hari. Ini adalah pilihan pakaian paling nyaman yang cocok untuk segala acara. Saat memakai kaos kita juga dengan mudah memadupadankan dengan celana maupun rok. Tak hanya masalah mode, kaos yang nyaman dipakai juga menjadi pertimbangan saat berbelanja. Menurut testimoni banyak orang, bahan cotton combed adalah jenis kain yang paling cocok untuk membuat kaos.

Agar tidak salah pilih kaos yang nyaman dengan harga sepadan, mari kita ulas tentang kain cotton combed yang digadang-gadang sebagai bahan terbaik untuk kaos.

Apa Itu Bahan Cotton Combed?

Kain Cotton Combed merupakan bahan kaos yang dibuat dari 100% serat cotton. Serat cotton terbuat dari kapas alami tanpa campuran bahan sintetis. Dalam dunia bahan kaos, banyak sekali jenis bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat kaos seperti bahan katun dan bahan-bahan kaos campuran seperti kain dari campuran katun dan polyester atau dari campuran bahan lainnya. Sudah menjadi pengetahuan umum bahan terbaik adalah yang terbuat dari serat kapas alami. Kain organik seperti cotton combed memiliki handfeel lembut dan tidak menyebabkan iritasi meskipun pada kulit sensitif. Daya serap air pada kain cotton combed terkenal bagus, hal ini menyebabkan kain adem dan nyaman dipakai. Tak heran kain ini menjadi favorit banyak distro untuk membuat kaos.

Baca juga: Fleece Cotton Bahan Paling Tepat untuk Sweater

Proses Pembuatan Kain Cotton Combed

Setelah kapas dipetik dan dipisahkan bijinya, kapas dipintal menjadi benang. Nah, yang membuat cotton combed daripada kain cotton biasa adalah proses penyisiran (combing). Sebelum kapas yang sudah dibersihkan dipintal, sisa biji, kotoran, dan benang disisir sehingga menjadi halus karena tidak ada sisa benang pendek yang menonjol. Selain itu kain menjadi lebih kuat karena bagian benang pendek yang mudah putus telah disisir. Setelah kapas disisir dan menjadi benang dengan kualitas baik, lalu dipintal menjadi kain. Tak heran dengan proses ini menjadikan bahan ini bisa menjadi bahan kaos premium.

Karakteristik dari Cotton Combed

  • Komposisi Kain

Jenis kain ini adalah bahan kaos yang sepertinya sudah banyak orang tahu dan juga sudah banyak orang yang menggunakan. Bahan ini biasanya dipilih karena kualitasnya yang baik, harganya yang cukup terjangkau dan mudah untuk didapatkan. Karena Combed dibuat dari 100% serat katun.

  • Tekstur Kain

Tekstur yang dimiliki  kain combed itu lembut, adem, halus di kulit dan nyaman digunakan. Kain combed memiliki kualitas lebih baik dari kain cvc.

  • Harga Kain

Dari segi harga kainnya, Combed cenderung lebih mahal dibandingkan dengan harga kain CVC yang cukup murah.

  • Daya Serap Kain

Kemampuan penyerapan air dari Combed bisa menyerap air atau keringat dengan cukup baik sehingga pemakainya tetap nyaman saat menggunakan.

  • Rekomendasi Penggunaan Kain

Combed lebih sering digunakan untuk membuat kaos-kaos yang kualitasnya premium seperti kaos Distro yang memiliki nilai jual lumayan tidak murah.

Baca juga: Komposisi Kain CVC untuk Bahan Kaos

Yang Membedakan Cotton Combed Dengan Kain Katun Biasa

Kain cotton combed adalah versi yang lebih halus dan premium dari katun biasa. Tentu saja proses combing / penyisiranlah yang membuat kain menjadi lebih halus. Jika katun biasa masih memiliki beberapa spot benang katun yang menonjol, cotton combed memiliki permukaan kain yang rata dan halus. Dan seperti yang kita bahas tadi, proses penyisiran juga membuat kain ini lebih kuat daripada katun biasa.

Kelebihan Cotton Combed

Keunggulan utamanya yaitu lembut dan adem saat dipakai. Handfeel kain halus dan terkesan empuk. Jalinan benang yang rapat dan kuat membuat pakaian yang dihasilkan awet dipakai dalam jangka lama. Pakaian yang diproduksi dengan bahan ini terasa sejuk saat cuaca panas, dan juga memiliki kemampuan memberikan rasa hangat saat hawa dingin.

keunggulan-cotton-combed

Kekurangan Cotton Combed

Semua kain yang berbahan dasar kapas memiliki kelemahan mudah menyusut. Saat baju sering dicuci, dijemur, atau terkena hawa panas, bisa menyusut dan jahitan pada kaos seperti terpelintir.

Jenis-jenis Kain Combed

Katun Combed memiliki beberapa ketebalan berbeda, berikut adalah pilihan ketebalannya

Combed 20s

20s merupakan kain yang paling tebal, semakin kecil angkanya maka semakin tebal kain tersebut. Gramasinya berkisar antara 190 – 200gsm.

Combed 24s

Gramasi pada ketebalan ini adalah 170 – 190gsm. Merupakan ketebalan medium dan umum dipakai banyak merk distro besar.

Combed 30s

Mempunyai ukuran gramasi 140 – 160gsm. Kain sedikit tipis namun tidak menerawang. Cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia.

Combed 40s

Yang satu ini adalah kain yang paling tipis dengan gramasi 110 – 120gsm. Untuk kain dengan warna terang akan sedikit menerawang saat dipakai.

Baca juga:Supplier Cotton Combed 30s Asli Termurah

Tips Perawatannya

Cara Mencuci

Kain dengan bahan kapas asli mudah saat terkena air dengan suhu tinggi maka usahakan hanya mencuci dengan air dingin. Dan juga gunakan detergent secukupnya. Jangan gunakan detergent dengan kandungan terlalu kuat, dan juga jangan gunakan pemutih pakaian. Jika hal tersebut dilakukan bisa merusak serat baju dan baju lebih cepat rusak. Rendam tidak lebih dari 30 menit. Dan setelah dicuci sebaiknya tidak diperas karena kain cotton combed cepat kusut.

Cara Menyimpan

Setelah dikeringkan bisa disetrika dengan suhu agak tinggi untuk menghilangkan kerutan. Pakaian berbahan combed bisa disimpan dengan cara digantung dengan hanger maupun dilipat. Namun lebih kami sarankan dilipat untuk mengurangi tekanan, mengingat bahan combed susah untuk mempertahankan bentuknya. Bagian kaos yang terkena hanger bisa cepat mulur dan meninggalkan bekas.

Yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Jenis Cotton Combed

Kenyamanan adalah hal utama yang biasanya dicari orang saat memilih baju. Pastikan bahan baku pembuatan kaosmu memakai cotton combed yang berkualitas. Tebal dan tipisnya kain tidak bisa menjadi patokan apakah kain itu bagus atau buruk. Dalam kasus katun combed, ketebalan 30s sama bagusnya dengan 24s, hanya proses pemintalan benang saja yang menjadikan ketebalan kain berbeda. Dari segi bahan tetap sama menggunakan kapas 100% tanpa campuran serat sintetis. Kualitas kain yang baik saat dipegang terasa halus dan tidak gerah. Untuk masalah harga tentu hal itu relatif. Selain karena harga bahan baku, sulitnya pemrosesan pembuatan kain dapat membuat kain menjadi lebih mahal. Namun hal ini tidak bisa sepenuhnya dijadikan patokan ya.

Cara yang paling mudah, selalu beli di tempat yang sudah terpercaya dan diakui kualitasnya oleh banyak orang. Contohnya pada toko kain ini.

Harga Kain Cotton Combed

Dengan ketebalan berbeda tentu akan berbeda pula harganya. Selain ketebalan, warna juga berpengaruh pada harga. Warna putih adalah kain dengan harga terendah. Lebih lengkapnya mengenai daftar harga silahkan klik link berikut ya.

DAFTAR HARGA KAIN

Jika juragan berminat bisa membeli pada toko kain Weva Textile. Toko kain ini sudah memiliki ribuan pelanggan, dan yang pasti sudah diakui kualitasnya.

Jangan lupa share artikel ini untuk berbagi informasi mengenai bahan cotton combed ya!