Download Daftar Harga Disini!

Mengenal Bahan Oxford, Kelebihan, Kekurangan dan Pemanfaatannya

by | Feb 4, 2022 | Blog

Mengenal Bahan Oxford, Kelebihan, Kekurangan dan Pemanfaatannya

Salah satu kain yang populer dalam dunia textile, lebih tepatnya untuk pembuatan seragam. Tidak hanya untuk seragam kantor yang formal, kain oxford juga bisa dibuat menjadi casual dress. Berkembangnya teknologi tekstil memudahkan konsumen untuk memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan. Dari semua banyaknya jenis kain, kain oxford adalah pilihan favorit untuk bahan seragam. Salah satu keunggulannya adalah tidak mudah kusut dan awet dipakai dalam jangka lama. Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan kain oxford, mari kita ulas bahan oxford itu seperti apa. 

Baca juga : “Apakah Bahan Drill Bagus Untuk Seragam?”

Seperti Apa Bahan Oxford? 

Dilihat secara kasat mata, ciri utama kain oxford adalah permukaan kain yang terlihat seperti titik-titik pixel. Bahan oxford terkenal karena bisa digunakan untuk pakaian formal sampai casual. Sebenarnya ada banyak jenis kain oxford. Mulai dari oxford anti air tebal untuk bahan tas, sampai lightweight yang sering dipakai untuk bahan dress casual. Bahan oxford yang memiliki fitur anti air biasanya untuk bahan tas atau beanbag. Karena itu kain oxford waterproof biasanya lebih tebal dan durabel mengingat fungsinya yang lebih berat. Sedangkan kain oxford midweight (ketebalan medium) biasanya terbuat dari campuran 60% serat katun dan 40% serat polyester. Kain oxford jenis ini kadang juga disebut sebagai oxford katun, sering dipakai untuk bahan seragam dan celana.

Pintalan benang poliester dan katun seperti titik-titik kecil yang membuat kain ini mudah dicuci dan cepat kering. Jika diraba, permukaan luar kain terasa halus dan rata. Sebagian besar kain oxford yang dijual tidak memiliki gambar motif atau polos. Apakah informasi ini cukup memberi juragan gambaran seperti apa bahan oxford tersebut? Jika masih kurang jelas, mari kita bahas lebih detail lagi. 

detail serat kain bahan oxford seperti titik pixelApakah Bahan Oxford Bagus? 

Kualitas kain oxford cukup bagus. Kain ini kuat dan tidak mudah kusut karena terbuat dari serat polyester. Kain jenis apapun yang terbuat dari poliester biasanya memiliki ketahanan dan warna yang lebih awet bahkan setelah dicuci berkali-kali. Hal ini dikarenakan sifat alami plastik sebagai bahan dasar serat sintetis poliester. Namun, kain dengan bahan poliester biasanya kurang nyaman dipakai dan terasa lengket di kulit yang lembab. Pada kain oxford sendiri hal itu diatasi dengan campuran bahan katun, bahkan rasio campurannya yang lebih besar. Sifat dasar unggulan kain berbahan katun adalah kemampuan menyerap air yang baik. Pakaian berbahan oxford menjadi nyaman dan lembut dikenakan karena mengandung komposisi katun yang lebih banyak daripada poliester. Untuk daerah tropis seperti Indonesia tidak heran kain oxford laris diborong untuk bahan seragam.  

Baca juga : “Rekomendasi Bahan Seragam Terbaik 2022”

Kelebihan dan Kekurangan Kain Oxford 

Kelebihan : 

-kain ringan dan menyerap keringat dengan baik 

-durabel dan warna awet 

-pilihan warna banyak dan harga terjangkau 

-bisa dipakai untuk seragam maupun baju sehari-hari 

-cara perawatan mudah 

Kekurangan : 

-mudah robek jika terkena detergen secara berlebihan 

-banyak beredar kain oxford dengan kualitas buruk, selalu periksa merk dan kandungan bahan dasarnya agar tidak salah pilih 

Penggunaan Kain Oxford 

Pemanfaatan kain oxford tidak terbatas untuk pembuatan seragam saja. Kain ini cocok juga untuk bahan celana, kemeja casual, blouse wanita, gamis, bahkan baju koko. Akhir-akhir ini kain oxford juga dipilih sebagai alternatif bahan pembuatan masker. Agar lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini. 

Image Source : Weva Textile & Garment

Perbedaan Kain Oxford dan Kain Drill 

Selain oxford, kain lain yang terkenal untuk bahan seragam adalah kain drill. Dari bahan dasar pembuatan kain, kedua jenis kain ini sama. Yang membedakan adalah proses pemintalan benangnya. Jika kain hasil akhir pintalan benang kain oxford berupa permukaan titik-titik, kain drill memiliki pintalan benang garis miring atau diagonal. Kualitas ke dua kain juga tidak jauh berbeda, sekali lagi, kualitas kain juga dipengaruhi beberapa faktor. Berbeda merk berbeda pula kualitasnya.  

Cara Perawatan Bahan Oxford 

Tidak ada cara perawatan secara khusus, kain oxford adalah kain yang mudah di rawat.Kain ini bisa dicuci dengan mesin maupun manual menggunakan tangan. Cara pengeringannyapun bisa menggunakan mesin maupun dijemur di luar ruangan. Namun lebih kami sarankan dijemur di ruangan terbuka untuk mengurangi penyusutan kain mengingat kain oxford mengandung bahan katun. 

Cucilah pakaian berbahan oxford dengan air bersuhu dingin dan detergen yang ringan secukupnya. Penggunaan air hangat atau detergen berlebihan bisa membuat benang rapuh dan kain cepat robek. Kain oxford untuk bahan seragam tidak setebal kain oxford waterproof karena itu harus lebih diperhatikan saat mencuci. Lebih baik lagi dicuci dengan tangan untuk mengurangi kusut dan kerutan yang berlebihan di mesin cuci. 

Setelah kering bisa disetrika menggunakan uap maupun setrika press. Kain oxford bisa disetrika dengan suhu agak tinggi karena berbahan katun. Namun alangkah baiknya juragan memeriksa label pakaian terlebih dahulu. Karena beberapa jenis kain oxford mengandung lebih banyak poliester daripada katun. 

Dimana Membeli Bahan Oxford Berkualitas? 

Jika juragan pergi ke distrik pasar kain, bisa dipastikan akan menemukan salah satu toko yang khusus menjual kain seragam. Cara lebih mudah untuk membeli bahan oxford adalah membeli secara online. Untuk juragan yang ingin mencoba atau ingin membeli dalam skala besar, Toko Kain Weva Textile menyediakan kain oxford readystock dalam jumlah banyak. Juragan bisa datang langsung ke toko yang beralamat di Jl. Kapasan no.55B Surabaya. 

Dan bisa juga menghubungi admin kami melalui nomor whatsapp yang tertera di bagian bawah. Jika juragan masih bingung bahan oxford seperti apa, Admin kami akan menjawab pertanyaan juragan seputar kain atau pemesanan kain. Selain kain untuk seragam seperti oxford, kami juga menyediakan jenis kain lain. Mulai dari kain parasut untuk jaket, kain fleece untuk sweater, sampai kain cotton combed untuk kaos juga ada. Jangan ragu lagi untuk menghubungi admin kami. Weva Textile, for those who only want the best!