Download Daftar Harga Disini!

Mengenal Bahan Katun Rayon

by | Apr 9, 2019 | Blog, Polyester

Mengenal Bahan Katun Rayon

Dalam industri tekstil dan konveksi, bahan rayon atau yang sering disebut juga dengan kain rayon ini merupakan salah satu jenis kain yang bahan dasarnya berupa serat hasil dari regenerasi selulosa.

Selulosa ini asalnya adalah dari dinding sel tumbuhan dan ada juga yang berasal dari katun serta pulp kayu yang dilarutkan. Bahan rayon ini tidak bisa kita golongkan sebagai serat alami atau serat sintetis sepenuhnya, karena istilah yang lebih cocok digunakan untuk menyebutnya adalah serat semisintesis.

Tampilan kain terlihat mewah dan karena itu sering dipakai dalam industri fashion. Paduan kenyamanan dan kemewahan adalah hal yang pasti diinginkan konsumen dalam memilih pakaian. Kain rayon bisa dibilang sebagus kain katun alami dan selembut kain sutra. Bukan tanpa alasan rayon disebut “sutra buatan” di masa lalu. Mari kita ulas lebih dalam lagi agar mengerti karakteristik kain rayon.

Ciri-Ciri Bahan Rayon

Bahan Rayon

contoh bahan rayon

Apakah kamu sudah tahu ciri-ciri bahan rayon? Banyak kelebihan bahan ini yang kamu perlu tau dan bisa menjadi alasan kamu harus mencoba bahan ini. Jika belum, mari disimak ciri-ciri bahan rayon yang ada dibawah ini :

  • Bahan rayon adalah bahan yang tidak mudah kusut.
  • Memiliki kilau alami yang tinggi.
  • Cenderung licin sehingga menyerupai bahan sutra.
  • Memiliki daya serap yang tinggi layaknya kain katun.
  • Memiliki tekstur yang lembut dan permukaannya halus.
  • Bahan rayon nyaman dipakai.
  • Serat rayon mengandung unsur kimia oksigen, hidrogen serta karbon.
  • Mudah untuk diwarnai.
  • Retensi bentuk serat bahan rayon cenderung sangat rendah sehingga cukup sulit untuk kembali ke bentuk aslinya.
  • Bahan rayon yang biasa atau viscose tidak kuat seperti rami dan dan rentan terhadap kerusakan terutama bila berada dalam kondisi basah dalam waktu cukup lama, terpapar sinar matahari, jamur, asam serta setrika.
  • Bahan rayon yang juga dikenal sebagai bahan yang mudah terbakar, lebih mudah dibandingkan dengan bahan lain seperti katun, rami, dan linen yang juga terbuat dari serat tanaman.

Jenis Jenis Bahan Rayon

Macam macam warna bahan rayon

Macam-macam bahan rayon

  • Rayon PE (Polyester)

Jenis rayon yang satu ini dibuat dari campuran antara serat polyester dan serat rayon. Untuk masalah harga tergantung dari rasio bahan dasarnya. Semakin besar rasio polyester maka semakin murah harga kain rayon tersebut.

Namun bagaimanapun juga harga selalu sebanding dengan kualitas. Kandingan polyester yang semakin tinggi menyebabkan pakaian terasa gerah dan lenket pada kulit yang lembab. Karena serat poliester adalah serat sintetis yang terbuat dari plastik.

  • Rayon Jersey

Sering juga disebut spandeks rayon. Jenis satu ini sedikit elastis dan sering dibuat menjadi bahan gamis dan kerudung. Terbuat dari campuran serat rayon dan elastine, tidak heran jika jenis ini bersifat elastis.

  • Rayon Crinkle

Rayon Crinkle merupakan bahan rayon yang permukaannya tidak rata dan berkerut layaknya kulit jeruk. Ciri-ciri jenis bahan rayon satu ini adalah lembut, dingin, tidak terlalu tebal, dan juga tidak terlalu tipis.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Rayon

Kelebihan

Berikut adalah kelebih kain rayon sebagai bahan pakaian. 

  1. Warna yang Mengkilap. Bahan ini memiliki keunggulan berupa permukaannya yang mengkilap. Sehingga bahan ini terkesan lebih elegan dan mewah. 
  2. Permukaan kain yang sangat halus. Umumnya permukaan yang mengkilap disebabkan oleh permukaan yang sangat halus. Dan begitu juga tekstur permukaan kain rayon ini yang sangat halus sehingga sangat nyaman untuk digunakan.
  3. Perawatan yang relatif mudah karena tidak membutuhkan perawatan khusus.
  4. Kemampuan menyerap keringat yang cukup baik. Bahan kain katun rayon memiliki daya serap yang sangat baik, sehingga bahan ini cukup nyaman digunakan untuk olahraga hingga aktivitas harian biasa. 

Kekurangan

Selain kelebihan, sudah pasti suatu bahan jenis apapun pasti memiliki kelemahan. Berikut adalah beberapa kelemahan bahan rayon.

  • Kainnya cepat menyusut, jadi harus hati-hati saat mencuci
  • Kain menjadi kurang kuat saat basah
  • Kainnya sendiri tidak bisa diregangkan, kecuali jenis spandex

Bagaimana cara mencuci, mengeringkan dan menyetrika bahan rayon?

Bahan rayon dikenal memiliki sifat cepat menyusut, jadi penting untuk berhati-hati dengan kain ini. Beberapa poin yang harus diperhatikan :

  • Jangan mencuci kain dengan air yang terlalu panas. Pilih menu untuk pencucian wol atau sutra dengan suhu maksimum 30 derajat. Rayon adalah kain yang kurang tahan lama dibandingkan dengan katun dan sangat lemah saat basah. Pakar kain merekomendasikan agar mencuci pakaian rayon dengan deterjen ringan. Namun perlu diketahui, selalu periksa label untuk petunjuk mencuci! Terkadang lebih baik mencuci rayon dengan tangan.
  • Rayon dapat dikeringkan dengan mesin pengering, tetapi tidak terlalu panas. Jika tidak, kain bisa menyusut.
  • Pakaian rayon idealnya tidak digantung untuk dikeringkan karena cenderung mudah kehilangan bentuk aslinya. Dan jika Anda mencuci dengan tangan, sebaiknya jangan diperas.
  • Anda dapat menyetrika rayon dengan suhu rendah.

Perbandingan Katun Rayon Dengan Kain Polyester

Kain terlaris dalam industri fashion lainnya adalah polyester. Kain ini dikenal karena harganya yang terjangkau dan banyak variasi tekstur. Seperti kain polyester yang dipakai untuk pakaian olahraga, memiliki tekstur berbeda dengan kain poliester yang dipakai untuk jaket motor. Lalu, lebih baik mana bahan kain rayon atau polyester? Mari kita bahas lebih detail.

Baca Juga Mengenal Bahan Polyester, Karakteristik, Jenis hingga Penggunaannya

pengertian-kain-polyester-WEVA-TEXTILE-1

Breathability

Poliester dan rayon belum tentu merupakan kain yang paling mudah menyerap keringat, tetapi tentu saja mereka juga bukan yang paling breathable. Keduanya memiliki tingkat breathability yang tinggi dibandingkan dengan kebanyakan kain, itulah sebabnya poliester dapat digunakan untuk pakaian seperti pakaian olahraga dan bahan rayon adalah alternatif yang baik untuk kain sutra.

Perbedaan dalam kemampuan bernapas adalah bahwa rayon dibuat sebagian dari serat nabati/kayu, membuatnya sedikit lebih breathable karena sifat seratnya. Poliester terbuat dari polimer plastik, sehingga tidak breathable secara alami seperti rayon.

Daya tahan

Daya tahan adalah salah satu area di mana kedua kain ini paling berbeda. Polyester adalah salah satu kain yang paling tahan lama, itulah sebabnya mengapa ia memiliki banyak kegunaan dan sering dicampur dengan serat lain seperti kapas agar lebih tahan lama. Polyester juga tahan terhadap penyusutan dan noda dan lebih tahan terhadap kerutan.

Rayon lebih tahan lama daripada sutra, oleh karena itu digunakan sebagai pengganti. Tapi, itu tidak tahan lama seperti poliester. Dapat menyusut banyak karena dibuat dengan serat tumbuhan, terutama saat terkena panas saat dicuci dan dikeringkan. Rayon juga sangat mudah keriput. Jika Anda mencari daya tahan, maka poliester adalah pilihan yang lebih baik.

Tekstur

Poliester dapat dibuat dengan tekstur yang berbeda-beda tergantung kegunaannya. Sebagian besar umumnya lembut dan halus, tetapi beberapa versi bisa lebih lembut daripada yang lain. Misalnya, poliester dapat digunakan untuk campuran bulu domba dan beludru, yang merupakan dua kain paling lembut. Tapi, beberapa jenis poliester juga bisa terasa kaku.

Rayon juga merupakan kain yang halus dan lembut, dan karena merupakan alternatif dari sutra, biasanya memiliki tekstur yang mirip dengan sutra. Banyak kain viscose lebih lembut daripada poliester, tetapi tidak ada banyak variasi tekstur contohnya rayon crinkle.

Kehangatan

Polyester dan rayon keduanya memiliki retensi panas dalam jumlah sedang pada umumnya. Mereka tidak dianggap sebagai kain hangat dan mereka bukan yang paling adem, tetapi mereka akan membuat Anda lebih hangat daripada kain seperti linen.

Polyester cenderung sedikit lebih hangat daripada rayon, mengingat dapat dibuat memiliki tekstur yang berbeda. Misalnya, kain wol adalah kain poliester hangat, tetapi jenis poliester yang digunakan untuk pakaian olahraga tidak selalu hangat. Rayon memiliki kehangatan yang mirip dengan sutra, tetapi Anda mungkin harus melapisinya untuk mendapatkan kehangatan maksimal.

Daya Serap Kelembapan

Baik poliester maupun rayon sangat bagus dalam menghilangkan kelembapan. Poliester sangat tahan air dan cepat kering jika basah, itulah sebabnya bahan ini populer digunakan untuk pakaian olahraga. Rayon juga menyerap kelembapan, sebagian besar karena kemampuan breathability-nya.

Baca Juga Inovasi Terbaru dalam Bahan Nylon Polyester

Namun, poliester adalah pilihan yang lebih baik jika Anda mencoba memutuskan di antara keduanya berdasarkan kemampuan menyerap kelembapan. Seperti kain alami lainnya, rayon menyerap sedikit air. Mungkin juga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering daripada poliester.

Perbedaan Harga

Poliester adalah salah satu kain termurah yang dapat Anda beli, terutama karena pada dasarnya terbuat dari plastik dan dapat dibuat dalam jumlah banyak. Polyester cenderung lebih murah daripada rayon juga.

Itu tidak berarti bahwa rayon mahal, karena sangat murah dibandingkan dengan kain sutra asli. Tapi, bahan kain rayon biasanya tidak lebih murah daripada poliester karena tidak dibuat sebanyak poliester. Selain itu, kain rayon masih berasal dari bahan alami, sehingga harus melalui proses lebih dari poliester, yang mempengaruhi biaya.